oleh

Usai Salurkan BLT-DD, Pemdes Pagutan Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Warga

MediaJatim.com, Pacitan – Sebagai upaya dalam meringankan beban warga yang terdampak Covid-19, Pemerintah Desa Pagutan, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sejak Rabu (20/5/2020) telah merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dan membagikan ratusan paket sembako tahap pertama.

Bertempat di Balai Desa Pagutan, penyerahan BLT-DD dengan nominal Rp600 serta paket sembako tersebut, secara simbolis dilakukan oleh Kepala Desa Pagutan, Supriyono kepada keluarga penerima manfaat (KPM), dan disaksikan langsung oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, perangkat desa setempat, relawan dan lainnya.

“Penerima BLT-DD ada 45 KPM dan penerima paket sembako tercatat ada 152 kepala keluarga,” ujar Zaenal Abidin, Sekretaris Desa Pagutan, saat ditemui MediaJatim.com di ruang kerjanya, Jumat (22/05/2020) siang.

Penerima bantuan tersebut, lanjut Zaenal, benar-benar merupakan warga yang belum pernah mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat, seperti PKH dan BPNT. Selain itu, para penerima manfaat tersebut berdasarkan hasil musyawarah desa pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Realokasi APBD; Jangan Pangkas Belanja Rutin Layanan Dasar

“Bantuan ini merupakan hasil akhir verifikasi dan validasi data penetapan calon penerima manfaat bantuan yang diputuskan dalam¬† Mudes beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Zaenal menambahkan, BLT-DD maupun bantuan paket sembako tersebut akan diberikan dalam tiga tahap (April-Juni). Tahap I atau realisasi Bulan April baru dapat direalisasikan jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1.441 Hijriyah, kemudian untuk penyaluran tahap berikutnya menyusul atau setelah Lebaran.

“BLT DD yang Rp600 ribu itu sudah disalurkan pada Rabu (20/5/2020) sore oleh pihak bank, sedangkan paket sembako hari ini (Jumat) disalurkan. Kalau isi sembako berupa beras, minyak goreng, mie instan, teh dan lainnya, dengan nominal Rp100 ribu per paket dan untuk tehnis penyerahannya Pak Kasun nanti yang mengatur, bisa diantar atau dipanggil orangnya,” terang Zaenal.

Baca Juga:  Peduli Warga Terdampak Covid-19, Mas Ibas Bagikan Ribuan Paket Sembako

Namun demikian, pihaknya mengimbau dan mengajak warga setempat untuk selalu menjaga kondusifitas, keamanan di desa serta mematuhi imbauan dari pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Coronavirus Disease (Covid-19).

“Kepada warga Desa Pagutan, mari bersama-sama menjaga keamanan serta kondusifitas desa kita. Tidak lain, tujuan dari pemberian bantuan ini sebagai upaya penaggulangan dampak dari bencana Covid-19. Namun ada hal yang lebih penting, yaitu masyarakat tetap mematuhi imbauan pemerintah dalam upaya memutus mata rantai Covid-19,” pungkasnya.

Reporter : Sigit

Redaktur: Zul