Mandiri Syariah Situbondo Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Media Jatim

MediaJatim.com, Situbondo – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) Kantor Cabang Situbondo menyerahkan bantuan dalam bentuk paket bahan pokok kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Situbondo, Selasa (21/4/2020). Bantuan yang diusung dalam program Berbagi Keberkahan untuk Indonesia ini merupakan bagian dari total 20.000 paket bahan pokok senilai Rp3,78 miliar yang ditujukan bagi masyarakat terdampak Covid-19 di seluruh Indonesia.

Bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian pegawai Mandiri Syariah melalui penyisihan gaji ke rekening khusus di Mandiri Syariah Mobile (MSM). Penyerahan bantuan dilakukan oleh Branch Manager BSM Situbondo Embar Tri Hartanto dan perwakilan pegawai kepada perwakilan komunitas ojek online, pedagang kecil, supir angkutan, supir taksi buruh harian, pesantren, guru ngaji, dll.

Branch Manager Embar Tri Hartanto menyampaikan perasaan bangga dan terharu atas semangat berbagi pegawai Mandiri Syariah. “Program ini merupakan inisiasi murni dari pegawai. Kami merasa tersentuh dengan niat baik pegawai untuk membantu sesama. Untuk diketahui selain bersumber dari zakat pegawai yang dikelola Yayasan BSMU, pegawai sukarela dan ikhlas menyisihkan gaji bulan Maret dan insya Allah 2 bulan ke depan untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19,” katanya.

Baca Juga:  Pembangunan Dam Mini Sentol Daya Picu Longsor

Tidak sebatas membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak secara perekonomian namun program ini juga memberikan multiplier effect kepada usaha nasabah.

“Kami membeli paket bahan pokok dari nasabah. Dengan begitu kami berharap membantu menjaga kelangsungan usaha nasabah UKM kami,” jelas Embar Tri Hartanto.

Penyerahan bantuan ini merupakan tahap awal dengan jumlah 7.000 paket bahan pokok secara nasional, adapun sisanya akan diserahkan pada h-5 dan h+5 Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah.

“Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita dan menambah semangat menyambut bulan suci Ramadan,” imbuhnya.

Untuk selanjutnya volunteer pegawai Mandiri Syariah berkoordinasi dengan RT/RW atau kelurahan setempat akan menyebarkan paket bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di seluruh Indonesia.

“Alhamdullilah, selain semangat berdonasi, pegawai kami juga banyak yang mendaftar menjadi volunteer program. Tentunya teknis penyampaian secara langsung kepada masyarakat akan tetap memenuhi protokoler pencegahan penyebaran Covid-19,” jelasnya lebih lanjut.

Sebelumnya Mandiri Syariah bersama-sama nasabah dan pegawai telah menyerahkan bantuan 2.500 Alat Pelindung Diri (APD) dan 100 ribu masker senilai Rp3,05 miliar kepada 105 Rumah Sakit rujukan Covid-19. Sehingga total bantuan yang telah disalurkan Mandiri Syariah untuk penanganan Covid-19 sejumlah Rp6,83 miliar .

Baca Juga:  Wah!! Dapur Rumah Tukang Pijat di Kabat Kebakaran

“Tak dipungkiri kondisi pandemik Covid-19 ini cukup berat bagi kita semua. Insya Allah dengan saling peduli, saling berbagi dan ikhtiar meringankan beban sesama yang lebih membutuhkan, cobaan ini dapat kita lalui dengan baik,” paparnya.

Embar Tri Hartanto juga mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, disiplin mencuci tangan dengan cara yang benar dan menggunakan sabun, meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh, memakai masker dan mematuhi pesan Pemerintah untuk #dirumahsaja.

Untuk kebutuhan bertransaksi, nasabah tidak perlu khawatir karena hanya dengan mengakses Mandiri Syariah Mobile (MSM) di handphonenya nasabah dapat melakukan berbagai pembayaran tanpa perlu ke luar rumah. Pun bagi masyarakat yang hendak membuka rekening Mandiri Syariah tidak perlu repot harus ke Kantor Cabang, cukup download MSM dan ikuti tahapan Buka Rekening Online.

Reporter: Irwan Suciono

Redaktur: Zul