PERIODE II

Bantu Perangi Covid-19, INSAP Plakpak Lakukan Safari Bersih-bersih Masjid

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan – Badan Pengurus Pusat Ikatan Santri dan Alumni Plakpak (BPP INSAP) Pamekasan menyelenggarakan Safari Bersih-bersih Masjid (SABID) Se-Desa Plakpak bersama beberapa Ranting INSAP dari berbagai Pondok Pesantren yang tergabung di INSAP sejak Rabu (22/04/20) kemarin.

Agenda yang diselenggarakan untuk membantu pemerintah memerangi Virus Corona Disease (Covid-19) itu terlaksana sukses selama dua hari berturut-turut. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Subairi dan Imron, keduanya selaku Ketua ranting INSAP Pondok Pesantren Banyuanyar dan Bata-bata Pamekasan.

“Agenda ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut untuk membantu pemerintah memerangi Virus Corona sebagaimana anjuran bapak Jokowi untuk senantiasa menjaga kebersihan” tutur kedua-keduanya saat berbincang-bincang dengan mediajatim.com.

Baca Juga:  Jalani Isolasi Mandiri, Polres Pacitan Salurkan Puluhan Paket Sembako di 3 Kecamatan

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid HUMAS) Mawardi Sahlan menambahkan, selain untuk membantu pemerintah, agenda ini juga sebagai kegiatan rutinitas INSAP setiap libur pesantren dalam bentuk pengabdian masyarakat.

“Apalagi sekarang kita dibatasi dalam melaksanakan kegiatan yang mengundang banyak massa,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Umum BPP INSAP Moh. Aliwafa mengatakan, agenda itu diselenggarakan untuk mengisi waktu libur santri dari pesantren masing-masing sehingga menjadi rutinitas para santri Plakpak dan alumni meskipun beda agenda setiap liburan pesantren.

“Agenda ini memang acara rutinitas santri Plakpak, selain untuk mengisi waktu libur, juga upaya untuk mengubah stigma di masyarakat bahwa saat para santri libur hanya membuat jaringan lemot dan jalanan padat. Dari itu santri Plakpak menjawab dengan karya dan kreatifitas mereka,” kata pria asal dusun Bunut tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat KH. Kholil Yasin, Penceramah Kocak Asal Bangkalan Madura

Untuk diketahui, agenda itu dilaksakan dengan menyusuri masjid-masjid yang mengajukan sebagai tempat Safari Bersih-bersih Masjid oleh kepada anggota INSAP dengan dibentuk beberapa tim yang terdiri sekitar delapan sampai tujuh santri. Di akhir agenda, kegiatan ditutup dengan membersihkan Masjid dan sekitarnya di Pondok Pesantren Darut Tauhid Plakpak setelah sebelumnya membersihkan Masjid Pondok Pesantren Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul