oleh

Ramadhan 1441 H, Pesantren As-Syahidul Kabir Gelar Ngaji Kitab Online

MediaJatim.com, Pamekasan – Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya santri dan alumni Yayasan Ponpes As-Syahidul Kabir (Yasbir) bisa mengukuti kegiatan ngaji kitab di pondok selama Ramadhan, di tahun ini para alumni hanya bisa mengikuti kegiatan itu dari rumah masing-masing. Hal ini disebabkan adanya pandemi Covid-19 sehingga pemerintah memberikan himbauan atas pembatasan kegiatan selama bulan Ramadhan.

Dengan keadaan begitu, Pondok Pesantren (Ponpes) As-Syahidul Kabir Sumber Batu, Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Madura mengadakan ngaji kitab secara online melalui live streaming di channel youtube selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini merupakan rutinitas santri dan alumni setiap tahunnya. Ngaji kitab tersebut diisi oleh KH. M. Mundzir Chalil, Pengasuh Ponpes As-Syahidul Kabir.

“Kondisi seperti sekarang ini dikhawatirkan jika kita melalukan kegiatan yang mengundang banyak masa. Makanya, adanya ngaji kitab live steaming ini saya sangat mendukung agar semua mahasiswa atau alumni Yasbir masih bisa ikut ngaji kitab meskipun dari rumahnya masing-masing.” Kata salah seorang alumni Yayasan As-Syahidul Kabir (Yasbir), M. Fahmi kepada mediajatim.com, Senin (27/4/2020).

Baca Juga:  MGMP SMP Swasta Pamekasan Bahas Pembuatan Soal PAS

Kegiatan ngaji kitab online Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari ini, kata Fahmi diinisiasi oleh mahasisswa alumni Yasbir yang dikoordinasikan kepada Forum Alumni Yayasan As-Syahidul Kabir (FALYASBIR), kemudian minta izin kepada pengasuh Ponpes As-Syahidul Kabir untuk dilakukan streaming.

“Setelah bilang ke Falyasbir, kemarin ada yang pamit ke KH. Mundzir Chalil dan Alhamdulillah mendapatkan izin untuk disiarkan langsung melalui channel youtube.” Imbuhnya menjelaskan.

Sementara itu, Mohammad Halim, alumni Yasbir yang sedang berada di Mekkah Arab Suadi mengaku sangat senang bisa mengikuti ngaji kitab tersebut.

“Mekkah Hadirā˜ Alhamdulillah walaupun berada di negeri orang, kami dapat mengikuti kajian syaikhona. Mudah-mudahan syaikhona diberi kesehatan selalu, dimudahkan segala urusannya.” Tulis Mohammad Halim, di kolom kementar channel youtube Mahasiswa Yasbir.

Baca Juga:  Habibi El-Kafi, Kurir Air Galon yang Jadi Wisudawan Terbaik IAIN Madura

Pria yang kabarnya kelahiran Sampang tersebut juga mengatakan, sebenarnya sejak lama ia berharap bisa mengikuti kajian KH. Mundzir Chalil walaupun dengan jarak yang sangat jauh.

“Tak mengurangi rasa ta’dzim kami dan ikhtirom kami, mudah mudahan kami bisa mengikuti kajian beliau selalu, yang diluar romadhon. Kami mendukung penuh kajian ini. Kami serasa seperti berada di lingkungan pesantren kembali kalau kalau mendengarkan dauh beliau. I LOVE YASBIR, YASBIR ALWAYS IN MY HEART,” Cuitnya penuh kegembiraan.

Untuk diketahui, kegiatan ngaji kitab tersebut dilaksanakan setiap hari selama ramadhan, waktunya dimulai dari pukul 12.00 WIB – selesai dan disiarkan langsung di channel youtube Mahasiswa Yasbir.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul