Sempat Menduga Bacabup BK Pakai Dana Banpol, Bupati Lira Dibantah Sekjennya Sendiri

Media Jatim
Sekjen Lira Situbondo sekaligus Ketua PAC Gerindra Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, Budiyono. (Foto: Frengky/MJ)

MediaJatim.com, Situbondo – Bupati Lira Situbondo Didik Martono sempat santer diberitakan menduga Bakal Calon Bupati (Bacabup) Situbondo berinisial BK menggunakan Dana Banpol. Sebab Bacabup BK tertangkap basah menghadiri sebuah acara DPC Partai Gerindra Situbondo yang menggunakan Dana Banpol beberapa hari yang lalu.

Namun kini justru pernyataan tersebut dibantah sendiri oleh Sekjen Lira Situbondo Budiyono. Menurutnya, dugaan terhadap Bacabup BK itu sama sekali tidak benar.

“Saya sebagai Sekretaris LSM Lira akan meluruskan atas komentarnya Bapak Bupati Lira Situbondo yang menyatakan diduga BK turun ke masyarakat pakai dana Banpol Partai Gerindra. Itu semua tidak benar,” tegas Budiyono, Rabu (6/5/2020).

Pria yang biasa disapa Budi itu menjelaskan, kegiatan tersebut memang memakai Dana Banpol akan tetapi perlu digaris bawahi bukan dipakai untuk berkampanye.

Baca Juga:  Lira Situbondo Peringatkan Kepala Desa Soal Dana Penanggulangan Covid-19

“Yang benar itu adalah Dana Banpol bukan untuk kepentingan kampanye. Kita tahu, kampanye itu ada beberapa tahapan dan ditetapkan oleh KPU.

Kali ini juga, saya ingin meluruskan bahwa Lira bukan milik Parpol, tapi milik masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Situbondo, kalau Lira dibawa-bawa ke salah satu Parpol berarti keberadaan lembaga dalam menjalankan visi dan misinya patut dinilai tidak sesuai,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua PAC Partai Gerindra Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo.

Katanya, ia mengungkap hal ini semua, tujuannya hanya untuk meluruskan pernyataan Bupati Lira Didik Martono, agar tidak menggiring masyarakat melalui opini yang bersifat menyesatkan.

Baca Juga:  Bupati Ajak Komunitas Poros Tengah Majukan Situbondo

“Tujuannya untuk meluruskan pernyataan Bupati Lira agar masyarakat yang telah mengkonsumsi berita itu bisa menilai dengan jernih serta agar terhindar dari berita yang bersifat penggiringan opini, terlebih lagi berita yang bersifat menyesatkan,” tegasnya.

Terkait Kedatangan BK di kegiatan Partai Gerindra itu, Budiyono ikut menjelaskan bahwa kehadirannya murni karena diundang oleh Ketua DPC Partai Gerindra Zainur Ridho, dan itu tidak ada unsur Berkampanye.

“Kedatangan BK itu adalah diundang oleh Ketua DPC, dan itu murni kegiatan Partai Gerindra tidak ada unsur kampanye dan kami mengundang pengurus partai mulai dari PAC sampai Ranting,” tukasnya.

Reporter: Frengky

Redaktur: Zul