oleh

Pemkab Pamekasan dan Pemprov Bersinergi Salurkan BLT DD

MediaJatim.com, Pamekasan-Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dalam memfasilitasi penyaluran bantuan tunai langsung yang bersumber dari dana desa (BLT DD) mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur perempuan pertama di Jawa timur tersebut mengungkapkan bahwa Pamekasan tercatat sebagai kabupaten kedua tercepat di Indonesia yang menyalurkan BLT DD setelah Jombang.

Sejatinya, penyaluran BLT DD tercepat kedua se-Indonesia tersebut baru diketahui saat penyaluran BLT DD diserahkan secara virtual dengan sinergitas daerah dan Pemprov Jatim. Penyaluran yang dilaksanakan virtual bersama dengan Pemprov Jatim tersebut dilaksanakan di dua tempat berbeda.

Penyerahan dilakukan Bupati Pamekasan Baddrut Tamamdi Desa Bunder Kecamatan Pademawu dan penyerahan oleh Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansah di Gedung Grahadi, Surabaya.

“Pamekasan merupakan tercepat kedua se-Indonesia, artinya Pamekasan menjadi kabupaten cepat bergerak untuk mencairkan dan mendorong penyaluran BLT DD di Indonesia. Ini penghormatan, penghargaan, dari pemprov khusus kabupaten yang mendapat kesempatan langsung dari ibu gubernur untuk vidcall langsung dengan beliau,” ujar Bupati Badrut, Sabtu (16/5/2020).

Baca Juga:  Ini Kata Ketum PBNU Soal Maraknya Miras di Banyuwangi

Menurutnya, langkah penyaluran tercepat merupakan bentuk ikhtiar berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini, di 178 desa di Pamekasan sudah melaksanakan musyawarah desa (musdes) untuk penetapan penerima manfaat dari BLT DD. Sedangkan untuk proses selanjutnya menunggu pencairan dari pihak perbankan.

“Per hari hari ini sudah selesai semua musdesnya, dan ada 56 desa per hari ini sudah mencairkan DD, baru kemudian ada 95 pengajuan dari desa,” tuturnya.

Lebih lanjut bupati yang akrab disapa RBT itu menargetkan, semua pencairan BLT DD bisa dicairkan sebelum lebaran berlangsung. Sehingga suasana hari raya idulfitri bisa dirasakan kemenangannya oleh seluruh masyarakat.

“Target kami semuanya harus cair sebelum lebaran, kenapa harus cair sebelum lebaran karena suasa kemenangan ini didukung oleh kecukupan makanan, kecukupan suasan yang baik,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya berterimakasih kepada gubernur yang telah mengajak Pamekasan untuk berkolaborasi dalam penyaluran BLT DD. Kondisi tersrbut merupakan kebahagian pemerintah dan masyarakat Pamekasan yang sudah diakui cepat serta respons dalam menyalurkan jaring pengaman sosial (JPS).

Baca Juga:  BLT-DD tak Kunjung Terealisasi, Sekda Bondowoso Minta Prosesnya Dipercepat

“Dengan model begini kami akan terus melakukan evaluasi dan langkah percepatan lainnya,” tukasnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi kerja keras pemkab Pamekasan dalam bergerak cepat menyalurkan JPS kepada seluruh masyarakat yang barhark menerima.

“Saya menyampaikan terima kasih atas kerja keras bapak bupati Pamekasan karena sesuai dengan arahan bapak presiden diharapkan sebelum lebaran hendaknya BLT DD dan bansos lainya sudah bisa cair supaya masyarakat bisa mendapatkan sapaan kesejahteraan menjelang lebaran,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada saat penyaluran BLT DD yang ditempatkan di Desa Toket dan Desa Pademawu Barat, tercatat sebagai penyaluran BLT DD pertama di Madura dan mendapatkan apresiasi dari Menteri Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal RI, Halim Iskandar.

Belakangan baru diketahui jika penyaluran tersebuta dalah tercepat kedua se-Indonesia berdasar penjelasan dari gubernur Jatim.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul