PERIODE II

Ketua DPRD Sumenep: Upayakan Pesantren Menuju New Normal

Media Jatim

Mediajatim.com, Sumenep – Di tengah pandemi Covid-19, Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berharap Pemerintah bisa segera mengupayakan agar Pondok Pesantren (Ponpes) bisa kembali beraktifitas dengan tatanan New Normal.

“Setelah Idul Fitri, saya banyak menerima permintaan dari beberapa pengasuh Ponpes di Sumenep agar aktivitas belajar mengajar bisa kembali dilakukan,” tutur Hamid Ali Munir, Ketua DPRD Sumenep, Kamis malam (28/05/2020).

Permintaan ini, Lanjut Hamid, harus disikapi dengan serius. Pemerintah sayogyanya melakukan langkah konkret untuk menjamin para santri bisa kembali belajar.

Baca Juga:  Casino mrbetlive.com Room Rates

“Misalnya berupa pemberian bantuan sarana dan prasana pesantren sesuai protokol kesehatan Covid-19 seperti bilik disenfektan, masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan dan obat-obatan.” Ujar Hamid secara rinci.

Hamid menambahkan, sangat mungkin pemerintah melakukan rapid test bagi santri dan pengajar sebelum pembukaan pesantren.

Di samping itu, Pemkab bisa mengupayakan sosialiasi dan edukasi. Sehingga berbagai sarana pesantren seperti ruangan belajar, kamar mandi, tempat wudhu, kamar santri, hingga masjid bisa memenuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Saat ini, banyak sarana di pesantren yang kondisinya seadanya,” jelas Hamid dengan nada berat.

Baca Juga:  BLK Muncar Segera Difungsikan

Dengan tegas Hamid berharap pemerintah dapat mengupayakan pembukaan kembali Pondok Pesantren di Sumenep. Demikian pula dengan alokasi anggaran untuk menunjang ketahanan ekonomi santri dan para pengajar yang diperlukan dalam memasuki New Normal.

“Jika pemerintah bisa mengupayakan itu segera, dan aktivitas belajar mengajar di pondok pesantren bisa kembali lancar, insyaAllah pesantren akan tetap aman dari potensi penularan virus corona,” pungkasnya.

Reporter: NK

Redaktur: Sulaiman