oleh

Soal Penolakan Tempat Karantina Pasien Covid-19, Kapolres Situbondo Turun Tangan

MediaJatim.com, Situbondo – Penolakan warga terhadap pasien Covid-19 yang dikarantina di Hotel Sidomuncul 1, Wisata Bahari Pantai Pasir Putih di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, menimbulkan kericuhan yang memanjang.

Kericuhan itu terjadi karena adanya kesalahpahaman antara sejumlah warga dengan aktivis muda Eko Febrianto di kolom komentar Facebook.

“Permasalahan ini murni karena kemanusiaan, terkait pasien reaktif yang dikarantina di Hotel Sidomuncul 1 agar tidak ada orang yang menjadi dalang dalam penolakan terhadap pasien reaktif. Apalagi itu belum tentu positif dan saya tidak menyalahkan warga melainkan perorangan yakni oknum mantan Dewan Fraksi PDIP,” ungkap Eko Febrianto.

Ia menyampaikan, pihaknya sempat ingin melaporkan permasalahan tersebut, bahkan sekalipun diperlukan memakai cara hukum rimba. Tetapi hal tersebut berhasil diredam langsung oleh Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Situbondo AKBP Sugandi.

Baca Juga:  Pembalakan Liar Makin Marak, Penegak Hukum Diminta Bertindak Lebih Tegas

“Dengan adanya seperti itu jelas ada pasal pidananya, bahkan jika diperlukan saya pun juga bisa melakukan hukum rimba, hanya saja Bapak Kapolres Situbondo AKBP Sugandi membuka hati saya bahwa dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Situbondo ini kita harus bersatu, jangan sampai membuat hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Pihaknya tidak ada maksud untuk merugikan pihak siapapun termasuk warga Desa Pasir Putih. Ia hanya meminta agar permasalahan penanganan virus Corona di Kabupaten Situbondo tidak ditunggangi oleh pihak manapun, apalagi hanya dikaitkan dengan permasalahan pribadi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Saya tidak mau merugikan pihak manapun, apalagi warga Desa Pasir Putih, karena dulunya di saat permasalahan warung saya pun juga membantu terkait PKL di pinggiran Wisata Pasir Putih dulu akan dilakukan penggusuran. Apalagi terkait permasalahan Covid 19 ini, bagaimana kita harus bersatu mendukung pemerintah untuk penanggulangan Covid-19 di Kabupaten ini, jangan sampai mau ditunggangi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” beber aktivis muda kelahiran Besuki itu.

Baca Juga:  Dampak Covid-19, PKL di Terminal Situbondo Mengeluh Pendapatan Menurun Drastis

Sementara Kapolres Situbondo AKBP Sugandi meminta semua pihak bisa bahu-membahu memberantas penyebaran virus Corona di Kabupaten yang dikenal Kota Santri tersebut.

“Kita ini semua dalam situasi yang prihatin dengan kecenderungan kasus Covid-19. Jangan membuat persoalan baru, sebaiknya semua pihak sama sama menahan diri,” pinta AKBP Sugandi, Senin pagi (1/6/2020).

Reporter: Ibreh Baim

Redaktur: Zul