MSFC DISPLAY WEB

Ekspedisi Superqurban Rumah Zakat Bantu Kebutuhan Pangan di Mentawai

Media Jatim

MediaJatim.com – Pada akhir Ramadhan 1441 H kemarin atau tepatnya pada tanggal 18-20 Mei 2020 tim Rumah Zakat melakukan Ekspedisi Superqurban dan Bahan Pangan dengan menyalurkan 300 Paket Superqurban dan 150 Paket beras untuk masyarakat di Desa Berdaya wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Penyaluran paket Superqurban dan bahan pangan berlokasi di tiga kecamatan yang ada di Kepulauan Mentawai di antaranya Kecamatan Sikakap, Kecamatan Pagai Utara, Kecamatan Pagai Selatan. Sasaran penerima manfaat dari program ini adalah masyarakat pra sejahtera dan mualaf yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan buruh tani.

Iswandi selaku Ketua Tim Ekspedisi yang juga Relawan Inspirasi Desa Berdaya Sikakap menceritakan perjalanan menuju salah satu lokasi penyaluran di Dusun Tubeket begitu berkesan dan penuh perjuangan.

“Disaat kapal mulai berangkat dari pelabuhan Sikakap, baru 15 menit jalan, kapal mulai diterjang ombak badai sehingga tim kita yaitu 5 orang harus tiarap dan tidak bisa berbuat apa-apa selama satu jam, sampai akhir kapal memasuki sungai menuju perkampungan Dusun Tubeket. Suasana cuaca di bulan ini memang agak berbeda, cuaca ekstrim dan angin dan ombak besar setiap hari menerjang pantai Sikakap,” terang Iswandi, Rabu (10/6/2020).

Amanah pendistribusian harus tetap dilakukan, sehingga dengan kondisi apapun dan selalu waspada akan keselamatan tim ekspedisi tetap melanjutkan kegiatan.

Baca Juga:  Kiai Fathol Arifin: Ini Keistimewaan Nabi Muhammad Ketimbang Manusia Biasa

“Perjalanan selanjutnya kami tempuh menuju Dusun Pasapuat dengan motor membawa sembako paket bantuan. Kondisi jalan penuh dengan lubang dan becek. Saat ini musim hujan, medan semakin berat karena licin sampai ada di antara tim yang terjatuh.

Semua kesulitan terbayar sudah saat bertemu dengan masyarakat yang menerima bantuan, mereka begitu ceria dan bahagia menerima kedatangan kami. Bahkan ada seorang warga yang yang hampir menangis, karena begitu terharunya. Kami berharap semoga ini menjadi amal jariyah dan pahala disisi Allah,” jelas Iswandi.

Tim ekspedisi berlanjut melakukan penyaluran ke Dusun Pasapuat, Kecamatan Pagai Utara tim ekspedisi disambut oleh Maryadi Kusmana selaku Kepala Dusun. Beliau sangat bersyukur atas adanya bantuan ini dan mengucapkan terima kasih banyak kepada Rumah Zakat atas perhatian dan bantuannya.

Indrayanto selaku Branch Manager Rumah Zakat Sumatra Barat mengatakan Ekspedisi kali ini merupakan jawaban atas kondisi sebagian masyarakat kita yang secara tidak langsung terdampak oleh Virus Covid 19.

Banner Iklan Media Jatim

“Kami mendapat info harga-harga kebutuhan pokok sudah naik dan cukup langka juga karena ada PSBB di Sumbar, sehingga berdampak juga diwilayah binaan pemberdayaan kami yang berada di Sikakap,” ujarnya

“Harapannya dengan program ini bisa membantu masyarakat yang ada di kepulauan , selain dalam bentuk beras kami juga menyalurkan Paket Superqurban. Kami mengucapkan terima kasih juga kepada donatur ataupun mitra yang sudah berqurban melalui Rumah Zakat karena terbukti program Superqurban ini sangat bermanfaat untuk cadangan pangan apalagi ditengah Pandemi Covid 19 sekarang ini,” lanjutnya.

Baca Juga:  Online Dating Etiquette For guys

Superqurban Manfaatnya Terasa Sepanjang Tahun

Program Superqurban merupakan program inovasi untuk mengoptimalisasi qurban umat muslim di Indonesia dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi kornet ataupun rendang. Distribusi penyaluran dapat dirasakan oleh masyarakat seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua, dari perkotaan sampai ke Pelosok.

“Alhamdulillah, ditahun 2020 ini dari Bulan Januari hingga Mei sudah ada 18.723 Paket Superqurban yang terdistribusi dari Aceh hingga Papua,” kata Nur Efendi CEO Rumah Zakat.

“Superqurban yang kami distribusikan itu adalah olehan Qurban tahun lalu, manfaatnya tentu sangat besar dan dapat terasa oleh masyarakat hingga saat ini. Terima kasih kepada seluruh donatur dan pihak-pihak yang sudah berkontribusi,” tutupnya.

Tahun ini, Rumah Zakat membuka kembali layanan qurban melalui program Superqurban. Masyarakat yang berminat untuk berkontribusi dalam program tersebut dapat menghubungi kantor cabang Rumah Zakat atau mengunjungi situs website www.rumahzakat.org.

Reporter: Agus Supriadi

Redaktur: Zul