oleh

Marwah Ansor Harus Dijaga

MediaJatim.com, Jember – Wildan Khisbullah Suhma, nama lengkapnya. Sosok pemuda kelahiran Jember 7 Juli 1995 ini identik dengan Ansor, karena ia tumbuh dan berkembang di tengah-tengah keluarga Ansor. Memang, di Jember nama Wildan tak begitu populer, tapi bukan berarti ia tak punya prestasi. Wildan sudah tuntas melahap sejumlah agenda pengkaderan, mulai dari Diklatsar (pendidikan dan latihan dasar) hingga Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim) tingkat nasional di Makassar tahun 2017.

Saat ini, posisi Wildan adalah Asisten Kegiatan Satkorwil Ansor Jawa Timur. Sebuah jabatan yang cukup membanggakan untuk ukuran kader Ansor sebelia Wildan. Sedangkan di Jember, Wildan menduduki Wakil Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Kaliwates.

Baca Juga:  Jadwal Pertandingan Ansor Cup 2017 GP Ansor Kadur

“Bagi saya biasa-biasa saja. Di manapun posisi kita, yang penting bisa berkhidmah untuk Ansor.” ucapya di kediamannya, Condro, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Jember Jawa Timur, Senin (15/6/2020).

Wildan, bukan hanya ucapannya yang sering merendah, tapi penampilannya juga low profile. Pembawaannya kalem dan tenang. Sebuah cerminan yang menunjukkan kedewasaan jiwanya, mendahului umurnya yang masih 25 tahun. Wildan juga tak biasa memamerkan keansorannya di depan publik.

“Lebel, apalagi sekelas Ansor bukan untuk dipamerkan, apalagi gagah-gagahan. Tidak perlu,” lanjutnya.

Bagi Wildan, Ansor bukan organisasi sembarangan. Sebab sejak awal, Ansor telah memproklamirkan diri sebagai benteng ulama. Embel-embel ulama itulah yang menjadi pembeda dengan organisasi kepemudaan lainnya. Dan itulah yang membuat Wildan harus berteluk lutut di hadapan Ansor. Bertekuk lutut dalam arti patuh dan menjaga marwah Ansor.

Baca Juga:  Pemdes Gili Anyar Salurkan BLT-DD Door to Door ke Rumah Warga

“Dalam kondisi apapun, marwah Ansor harus dijaga. Kader Ansor pantang memanfaatkan Ansor untuk kepentingan pribadi. Sebab jika itu terjadi, maka berarti marwah Ansor sudah tergadai,” pungkasnya.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: A6