oleh

Ponpes Al Fattah Kikil, Resmi Jadi Pondok Pesantren Tangguh Semeru di Pacitan

MediaJatim.com, Pacitan – Pondok Pesantren Al Fattah Kikil di Desa Arjosari, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kini resmi menjadi Ponpes Tangguh Semeru, dalam rangka penanggulangan Covid-19 di kota kelahiran Presiden RI Ke-6, Jumat (10/7/2020).

Terlihat, pada peluncuran Ponpes Tangguh Semeru tersebut, ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Bupati Pacitan, Kapolres Pacitan dan Kasdim 0801 Pacitan.

Kemudian, dilanjutkan dengan meninjau sarana dan prasarana yang ada di Ponpes Tangguh Semeru, mulai dapur umum, lumbung pangan, posko, ruang isolasi, ruang konseling hingga ruang pengadaan masker dan alat pelindung diri (APD). Selain itu, juga diberikan bantuan alat penyemprotan dan bahan pangan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pacitan.

Dalam sambutannya, KH M Burhanuddin, Pimpinan Ponpes Al Fattah Kikil Arjosari menyampaikan terimakasih kepada Bupati Pacitan, Dandim 0801 Pacitan dan Kapolres Pacitan atas kepercayaan telah menunjuk Ponpes Al Fattah Kikil menjadi Ponpes Tangguh Semeru.

“Semoga ke depan Pondok Al Fattah ini semakin maju dan bebas dari covid 19 serta semakin dipercaya masyarakat dengan dukungan dari Pemda dan TNI-Polri,” ujarnya.

Baca Juga:  Hasil Survei Cakra Nusantara Unggulkan Nur Sigit Efendi untuk Calon Bupati Pacitan

Sementara itu, Kapolres Pacitan, AKBP Didik Hariyanto, S.I.K memberi apresiasi kepada pihak pondok yang telah melaksankan protokol kesehatan pencegahan covid 19. Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi atas keunggulan ruang produk pengadaan masker dan APD.

“Disiplin dan jujur terkait Covid-19 ini sangat penting, jangan sampai kejadian di Ponpes Ponorogo terjadi di Pacitan. Antisipasi lebih terhadap kedatangan santri yang berasal dari zona merah ini juga sangat penting. Untuk itu, kerjasama yang baik antara Pemda, TNI, Polri dan wali santri ini perlu ditingkatkan,” ujar Kapolres.

Ke depan, lanjut Didik, diharapkan gugus tugas pondok juga lebih disiplin, terutama dalam menerapkan protokol kesehatan, agar harapan menuju normal life Ponpes Tangguh tersebut benar-benar tangguh dalam berbagai hal, baik kesehatan, keamanan dan disiplin.

“Mudah-mudahan, melalui Ponpes Tangguh ini bisa menjadi contoh dan awal yang baik dalam rangka pencegahan covid 19. Semoga Ponpes Al Fattah semakin maju dan mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat,” imbuhnya.

Atas persiapan yang dilakukan sebelum hingga diluncurkannya Ponpes Tangguh Semeru tersebut, Bupati Pacitan Indartarto menyampaikan terimakasih kepada pimpinan ponpes yang menurutnya telah mempersiapkan dengan sangat baik.

Baca Juga:  Lagi, Penjual Miras di Muncar Terciduk Polisi

“Antisipasi pencegahan covid 19 di lingkungan ponpes seperti yang sering disampaikan Pak Kapolres Pacitan, yaitu dengan Tracing, Testing dan Traintment (3T). Semoga, ke depan Ponpes Al Fattah Kikil ini menjadi pondok yang benar-benar tangguh dalam berbagai hal dan semakin maju serta mendapat kepercayaan lebih dari masyarakat,” ungkap Indartato menambahkan.

Sebagaimana diketahui, kawasan Ponpes Tangguh Semeru merupakan salah satu program unggulan yang dicanangkan oleh Kapolda Jatim Irjen. Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si dalam rangka membentuk lingkungan pesantren secara sadar dengan kemampuan sendiri dan dapat menerapkan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Kemudian, dapat melaksanakan penanganan sesuai protokol kesehatan jika ada yang terdeteksi Covid-19. Selain itu, dengan dibentuknya Ponpes Tangguh Semeru tersebut, juga memiliki ketahanan pangan sendiri yaitu dengan memiliki lumbung pangan dan dapur umum serta dapat memberikan edukasi kepada para santri terkait pola hidup bersih, sehat untuk menghadapi new normal live.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul