oleh

Tahun Ini, IAIN Madura Gelar Wisuda Daring

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Kamis (22/10/2020) pagi, IAIN Madura mengukuhkan sebanyak 527 mahasiswanya melalui wisuda Sarjana ke-28 dan Magister ke-3 tahun akademik 2019/2020. Karena tengah pandemi, acara tersebut dilakukan dengan dalam jaringan (Daring) dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Wisudawan mengikuti acara sakral itu dari dari rumah masing-masing. Akan tetapi, untuk wisuda terbaik dari 16 prodi untuk strata S1 dan Magister S2 mengikuti wisuda secara tatap muka di aula IAIN Madura.

Mohammad Kosim, Rektor IAIN Madura, menjelaskan, pelaksanaan prosesi wisuda secara luring dilakukan dengan peserta yang dibatasi yang hanya diikuti perwakilan wisudawan sebanyak 20 orang, rektor, wakil rektor, dekan, dan jajaran pimpinan IAIN Madura.

Baca Juga:  Apresiasi Karya Siswa, SMKN 3 Pamekasan Gelar Pertunjukan Gaun Pengantin

“Selain itu, juga dilaksanakan dengan mengikuti ketentuan dan standar protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Wisuda online atau daring ini tidak mengurangi makna dan penghargaan atas perjuangan yang telah saudara lalui di kampus ini,” ujar akademisi asal Kabupaten Sampang itu.

Menurutnya, pelaksanaan wisuda di IAIN Madura kali ini digelar secara berbeda dari tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk turut berubah dengan mengadaptasi kebiasaan-kebiasaan baru.

“Setelah sempat tertunda beberapa waktu, akhirnya IAIN Madura kembali menyelenggarakan wisuda, namun secara daring. Kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk menekan mata rantai penyebaran virus corona baru dan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri serta orang-orang di sekitar,” katanya.

Baca Juga:  Dosen STAIMU Tampil di Internasional Conferance on Islamic Thought (ICIT) 2020

Penerapan protokol kesehatan dengan 3 M menjadi prioritas bagi pihak IAIN Madura. “Kami juga sediakan tempat cuci tangan, cek suhu tubuh di pintu masuk dan tempat duduk yang terpisah,” ujarnya.

Reporter: Gafur

Redaktur: Zul