PERIODE II

Makna Hari Pahlawan di Mata Ketua GP Ansor Pamekasan

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Hari ini adalah hari bersejarah karena tepat tanggal 10 November 2020 merupakan Hari Pahlawan yang sangat momerable bagi Indonesia.

Bagaimana tidak? Tepat pada tanggal 10 November 1945 silam, rakyat dan para pejuang bertempur melawan tentara Inggris di Surabaya untuk merebut kembali kemerdekaan.

Alhasil, meskipun jumlah pasukan Indonesia saat itu tidak sebanding dengan jumlah inggris yang berjumlah 15.000 tentara, warga dan para pejuang berhasil menghasilkan pertempuran saat itu.

Dari pertempuan itulah, ditetapkan sebagai Hari Pahlawan oleh Presiden Soekarno melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Lalu, bagaimana sikap dan peran para pemuda dalam mengisi dan meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur?

Baca Juga:  Ramai Flayer Kandidat Ketua Panitia Konfercab GP Ansor Pamekasan, Ada Apa?

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Pamekasan memberikan pemahaman tentang makna hari pahlawan khususnya bagi kalangan pemuda.

“Hari Pahlawan ini bisa kita maknai dengan Ketegasan dan keutuhan prinsip kita untuk mencintai negeri ini dengan setulus hati,” ucap Syafiuddin, Selasa (10/11/2020).

Wakil Pimpinan DPRD Pamekasan itu mengajak pemuda khususnya Ansor untuk Menghormati para pahlawan. “Selain itu, menghormati para founding father dan pahlawan kita yang telah gugur melalui sambungan doa sepanjang hari,” imbuh Syafi’, sapaan akrabnya.

Pria berkelahiran 19 Oktober 1986 itu, juga mengajak kaum muda melalui momentum Hari Pahlawan ini bisa menghasilkan kemandirian diri.

“Bisa manadiri dalam berfikir, bertindak dan bisa melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik,” terangnya.

Baca Juga:  Bom Polrestabes, Ketua Ansor Pamekasan Instruksikan Banser Waspada

Aktifis PMII Pamekasan itu berharap, melalui momentum Hari Pahlawan ini lahir pemuda yang memiliki jiwa seperti pahlawan.

“Saya berharap Lahir penerus bangsa dan bisa menjalankan spirit kepahlawanan khususnya di Ansor Pamekasan sehingga bisa menjaga dan merawat bangsa yang besar ini,” harapnya.

“Selain itu jadilah pemuda yang baik, tidak menebar hoax dan selalu menebarkan kebaikan sebagaimana misi pahlawan dulu,” tambah Syafi’.

Selain itu, di masa pandemi ini alumni MA Almardliyyah itu juga memberikan apresiasi kepada para tim medis kesehatan yang berjuang digarda terdepan dalam menangani Covid-19.

“Mereka juga bagian dari para pahlawan hari ini, semoga diberikan ketabahan dan kesehatan,” pungkas Syafi’.

Reporter: Syarofi

Redaktur: Zul