PERIODE II

Bupati Sumenep Rencanakan Reboisasi

Media Jatim

MEDIAJATIM | Sumenep – Achmad Fauzi, Bupati Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, merencanakan reboisasi dataran tinggi yang jumlah pohonnya diduga mulai menipis. Khususnya di sejumlah daerah yang rawan longsor dan banjir bandang, Jumat pagi (5/3).

Hal itu disampaikan saat bupati mendatangi Pondok Pesantren Darul Ulum, Desa Talaga, Kecamatan Ganding, yang diterjang banjir bandang setelah hujan deras mengguyur wilayah setempat, Kamis sore (4/3).

“Kalau nanti diatas (dataran tinggi) pohonnya kurang, kita akan coba reboisasi,” tuturnya.

Bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), lanjut Fauzi, reboisasi akan dilakukan. Harapannya, bisa menambah lahan serapan air dan memperkuat tebing atau dataran tinggi saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Baca Juga:  Perangi Narkoba, P4GN Gelar Sosialisasi di MAN Pacitan

“Kalau mitigasi (bencana), sudah dilakukan rutin setiap tahun oleh BPBD,” lanjutnya.

Mitigasi yang rutin disosialisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep beragam. Diantaranya menangani dampak banjir, kebakaran, kecelakaan dan sebagainya.

“Paling tidak jiwa (di lokasi bencana), bisa diselamatkan. Sudah dilakukan,” terangnya.

Sebelumnya, bupati beserta dinas Pengairan, Bina Marga, BPBD dan Dinsos mendatangi yayasan, pesantren dan rumah warga yang diterjang banjir bandang.

Potensi bencana seperti longsor dan banjir bandang terbilang tinggi. Sebab dari laporan BMKG, curah hujan selama bulan Maret hingga April ini memang tinggi.

Baca Juga:  Ketum ALIMKA Dorong Panitia Pilkades PAW Jaga Netralitas

Reporter: Lis
Redaktur: Sulaiman