Lonjakan Kasus Covid-19, Wabub Jember: Jangan Salahkan Vaksin

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Jember – Meskipun vaksinasi giat dilakukan oleh pemerintah, namun penyebaran Covid-19 tak terbendung. Bahkan penetrasi virus asal China itu semakin menjadi-jadi. Sebagian oknum masyarakat pun beranggapan bahwa vaksinasi tidak mempan, dan tidak berguna. Padahal tidak seperti itu.

Menurut Wakil Bupati Jember, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, vaksinasi hanya mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh Covid-19, bukan sepenuhnya bisa menghalangi masuknya virus ke dalam tubuh orang yang telah divaksin.

”Jangan salahkan vaksin. Vaksin ibarat jas hujan, bukan berarti yang sudah pake jas hujan lantas gak akan basah sama sekali. Demikian juga dengan vaksin, hanya mengurangi risiko kena,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Jumat (25/6/2021).

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, Ini Cara Mengatur Kesehatan Keuangan

Gus Firjaun, sapaan akrabnya, mengigatkan masyarakat agar terus waspada, lebih-lebih saat ini muncul Covid-19 varian baru, yaitu delta. Delta disebut-sebut sangat berbahaya.

”Varian delta ini lebih ganas, lewat piring bekas saja bisa tertular,” tambahnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak ragu untuk melakukan vaksinasi. Masyarakat disilakan mendatangi tempat-tempat seperti rumah sakit, Puskesmas, balai desa, kelurahan dan lain sebagainya, untuk mendapatkan layanan vaksinasi gratis, dengan cukup menunjukkan identitas diri berupa KTP.

”Untuk warga yang belum vaksin, mari ikut vaksinasi untuk mengurangi resiko tertular. Sedangkan untuk warga yang telah divaksin jangan abai tetap patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pasien Positif Corona Dirawat di RSUD Pamekasan

Reporter: Saedi

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat