MSFC DISPLAY WEB

UNIBA Madura Dampingi BUMDes Bunder Kembangkan Eduwisata Garam

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Melalui Program Desa Berinovasi yang digagas oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura melakukan pembinaan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Mutiara Saghara, Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Sabtu (21/08/2021).

Ketua Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Ach. Zuhri mengatakan, pembinaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga sesuai potensi yang dimiliki.

“Dalam pembinaan ini, kami berupaya untuk pemerintah desa khususnya dan masyarakat pada umumnya bisa memanfaatkan potensi lokal untuk kesejahteraaan bersama,” kata Ach Zuhri.

Disebutkan, pengajuan program desa berinovasi ini harus melalui BUMDes atau lembaga organisasi desa lainnya dengan mensinergi kerjasama tiga elemen, yakni akademik, bisnis, dan pemerintah untuk membangun ekonomi berbasis pengetahuan.

Baca Juga:  My Several http://pokerroomfun.com/gr88-poker-review.php Online Roulette System

“Kami (UNIBA) bertanggung jawab untuk mendampingi, membimbing, dan melatih pengelola BUMDes di Desa Bunder mulai dari proses penyusunan proposal, pengajuan, pelaksanaan, hingga pelaporan kegiatan nanti, sekaligus membantu mengembangkan eduwisata garam,” jelasnya usai kegiatan berlangsung.

Program Desa Berinovasi dilaksanakan mulai Juli hingga November 2021, dikonsep dalam bentuk pelatihan-pelatihan, pembelian alat penunjang eduwisata garam, dan pengolahan garam layak konsumsi.

“Jadi kehadiran kami, diharapkan dapat membantu dalam proses pengembangan eduwisata garam dengan produknya yakni garam layak konsumsi agar lebih menarik dan tentunya menjadi tambahan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Bunder,” jelasnya.

Baca Juga:  Jalan Pantura Pamekasan Rusak, Warga: PR untuk Baddrut Tamam Jelang Tinggalkan Kursi Bupati

Sementara Direktur BUMDes Mutiara Saghara, Desa Bunder, Taufik Hidayat mengungkapkan, pihaknya sangat berterimakasih atas pembinaan yang dilakukan UNIBA Madura. Pembinaan ini dinilai sangat membantu dalam pengembangan BUMDes ke depan.

“Kami sangat berterimakasih kepada UNIBA dan Program Desa Berinovasi. Semoga ini bukan yang terakhir, ke depan bisa terus berkesinambungan,” tukasnya.

Banner Iklan Media Jatim

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul