Peroleh Pengetahuan Baru, 5 Mahasiswa Unira Bangga Terlibat dalam Program Riset Mandiri

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan — Lima mahasiswa Universitas Madura (Unira) mengaku bangga bisa terlibat dalam program riset mandiri bersama dosen. Mahasiswa tersebut adalah Regita Dwi Andari, Taufik, Nur Afifah, Aprilia Muharromatul Ula, dan Dimas Suhaimi Abdurrohman.

Banner Iklan Media Jatim

Mereka tergabung dalam tim riset dosen yang mendapatkan dana hibah dari Direktorat Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Salah satu mahasiswa program riset, Regina Dwi Andari, mengatakan, melalui program riset tersebut bisa memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru.

“Kami sangat senang dan bangga dapat mengikuti program riset keilmuan serta memiliki pengalaman dalam melakukan riset bersama dosen,” ujarnya, Sabtu (27/8/2022).

Baca Juga:  Sasar Petani dan Peternak, Dosen Fakultas Pertanian Universitas Madura Lakukan Pelatihan Pengolahan Limbah Pertanian Jadi Biscuit Ternak

Menurut Regita, arahan-arahan dosen selama pelaksanaan riset sangat membantu dalam melakukan penelitian maupun pembuatan artikel. Hal itu dinilai sangat membantu dalam penyelesaian skripsi.

“Serta kami mendapatkan fasilitas-fasilitas yang mendukung dalam penyelesaian skripsi. Kami berharap program ini tetap berjalan. Sehingga memberikan wadah bagi mahasiswa untuk melakukan riset dan belajar bersama dosen,” jelasnya.

Sementara Ketua Tim Riset Hasan Basri menyampaikan, pelaksanaan riset keilmuan berjalan dengan lancar. Lima mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan riset telah berhasil menyelesaikan skripsi.

Selain itu, terdapat dua artikel hasil dari mahasiswa dibawah bimbingan dosen riset mandiri yang telah submit di jurnal terindeks Sinta 2 dan 3.

Baca Juga:  Tiga Dosen Universitas Madura Lolos Program Riset Keilmuan dari Kemendikbud Ristek

“Dua artikel ini nantinya menjadi bagian dari produk kegiatan riset mandiri,” tegas dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Madura itu.

Dia juga berharap kegiatan riset yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, termasuk tim periset dan mitra riset.

Untuk diketahui, kegiatan hibah riset mandiri telah memasuki masa akhir pelaksanaan program. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka kontroling terhadap kegiatan riset mandiri adalah pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) internal yang dilakukan oleh LPPM Universitas Madura.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul