Universitas Madura Kukuhkan 522 Lulusan dan Akan Membuka Dua Prodi Pascasarjana

Wisuda Universitas Madura
(Sule Sulaiman/Media Jatim) Prosesi pngukuhan lulusan Universitas Madura pada wisuda ke-33, di Hotel Azana, Pamekasan, Sabtu (26/11/2022).

Pamekasan — Universitas Madura (Unira) menggelar Sidang Terbuka Senat dalam rangka wisuda sarjana ke-33, di Hotel Azana Pamekasan.

Pelaksanaan wisuda ini dilangsungkan dalam dua sesi, yakni sesi pertama, Sabtu (26/11/2022) dan sesi kedua, Minggu (27/11/2022).

iklan

Terdapat 522 sarjana yang dikukuhkan. Meliputi 61 lulusan Prodi Hukum, 128 lulusan Prodi Manajemen, 53 lulusan Prodi Akuntansi, dan 147 lulusan Prodi Administrasi Publik.

Kemudian, 27 lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 lulusan Prodi Pendidikan Matematika, 11 lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 29 lulusan Prodi Peternakan, 23 lulusan Prodi Teknik Sipil, dan 22 lulusan Prodi Teknik Informatika.

Rektor Universitas Madura Faisal Estu Yulianto menyampaikan, pelaksanaan wisuda ini sebagai bentuk pertanggungjawaban institusi atas hasil dari proses pembelajaran yang diselenggarakan dalam menghantarkan para mahasiswa menjadi sarjana.

Baca Juga:  Koordinasi Gerakan Nasional Revolusi Mental di Pamekasan Mendapatkan Sambutan Baik

“Peristiwa ini juga sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para lulusan atas keberhasilan yang mereka raih,” jelas Rektor Faisal saat memberikan sambutan, Sabtu (26/11/2022).

Alumnus ITS Surabaya itu juga menyebutkan sejumlah prestasi mahasiswa Unira sepanjang tahun akademik 2021/2022. Di antaranya 17 mahasiswa lulus program Pertukaran Mahasiswa, lima mahasiswa lulus Pertukaran Mahasiswa Sejak Dini Merdeka, empat mahasiswa menerima program Wirausaha Mahasiswa.

“Lalu, ada 25 mahasiswa yang lulus program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, dan 105 mahasiswa yang berhasil ikut program Kampus Mengajar,” sebutnya disambut tepuk tangan hadirin.

Pada tahun 2022, kampus tertua di Pamekasan itu disebutkan telah mengantarkan 20 dosen lolos dalam seleksi riset keilmuan, hibah penelitian dan pengabdian masyarakat, maupun hibah pembelajaran daring.

Baca Juga:  Bupati Tawarkan Dua Opsi Solusi Kemelut SMAN 1 Waru

Sedangkan dalam pengembangan institusi, jelas Faizal, Unira berencana membuka dua program pascasarjana , yaitu Prodi Magister Hukum dan Prodi Magister Manajemen.

Di jenjang strata satu (S1), akan ada Prodi Digital Bisnis, Prodi Pendidikan Profesi Guru (Matematika), dan Prodi Agribisnis.

“Kami juga gencar menjalin kerja sama baik di tingkat nasional maupun internasional. Universitas Madura akan terus bergerak maju mengikuti dinamika tuntutan perguruan tinggi di era Revolusi Industri 4.0 ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang dihadiri Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam ini, Rektor Unira juga memberikan beasiswa terhadap lulusan yang berprestasi. (*/zul)