PERIODE II

Sebab Musabab Dibatalkannya Road Race Jatim 2022 di Kabupaten Pamekasan

Media Jatim
Road Race 2022
(M. Arif/Media Jatim) Kondisi bakal lokasi Kejurprov Road Race Jawa Timur di Jalan Kabupaten, Kota Pamekasan, Jumat (11/11/2022).

Pamekasan — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan sudah merancang pelaksanaan Kejuaran Provinsi (Kejurprov) Jawa Timur Road Race Bupati Pamekasan Cup pada 13 November 2022.

Namun, rencana tersebut dibatalkan. Salah satu kegiatan yang menjadi rangkaian Hari Jadi (Harjad) ke-492 Kabupaten Pamekasan itu pun tidak bisa dinikmati masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan Totok Hartono menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan road race dibatalkan. Salah satunya, tidak ada sirkuit atau lapangan balap yang sesuai dengan standar.

“Sirkuit di Jalan Kabupaten, Jokotole dan parkir Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan tidak sesuai standar road race,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga:  Kampung Sidat di Banyuwangi Dilaunching Danlantamal V

Fasilitas yang tidak memenuhi standar ini dikhawatirkan dapat membahayakan pembalap dan penonton saat pelaksanaan nanti.

“Tentu kami tidak ingin mengambil risiko yang mengancam penonton atau pembalap,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Totok, kurangnya fasilitas untuk menampung penonton agar kondusif juga menjadi perhatian pemerintah. Khawatir tidak memadai dan bisa meluber ke dalam sirkuit.

“Keputusan ini merupakan hasil pertemuan di tingkat pimpinan, dengan mempertimbangkan keamanan dan keselamatan penonton dan pembalap, dan itu menjadi prioritas kami dalam setiap event,” jelasnya.

Totok berharap masyarakat memahami gagalnya event tersebut. Pemerintah Pamekasan tetap berupaya untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat.

Baca Juga:  Tingkatkan Motivasi Belajar, Tunas Mandiri Jawa Timur Lakukan Pendampingan Psikososial di Pamekasan

“Intinya, keselamatan dan keamanan itu prioritas kami,” pungkasnya.(rif/ky)