MSFC DISPLAY WEB

Merayakan Bulan Ramadan ala Anak Motor Trail Bangkalan: Gelar Silaturahmi Akbar dan Bukber di Bukit

Media Jatim
Anak Motor
(Dok. Media Jatim) Anggota BTA, Nagata, KTM saat berfoto di wilayah perbukitan Kecamatan Burneh, Bangkalan, Minggu, (2/4/2023).

Bangkalan, mediajatim.com — Momentum bulan suci Ramadan 1444 hijrah, dimanfaatkan oleh pecinta motor trail se-Kabupaten Bangkalan untuk mempererat tali silaturahmi melalui kegiatan Buka Bersama (Bukber) di alam terbuka, Minggu (2/4/2023).

Puluhan anak motor yang tergabung dalam Bangkalan Trail Adventure (BTA), Tanah Merah Galis Trail Adventure (Nagata), dan Komunitas Trail Modung (KTM) menjelajahi perbukitan di wilayah Kecamatan Burneh, sembari eksplorasi wisata dan menunggu azan magrib.

Kooordinator kegiatan Silaturahmi Akbar Faizal mengungkapkan, pihaknya sengaja menjadikan bulan suci Ramadan ini sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat persaudaraan antara pecinta motor trail, khususnya yang ada di Bangkalan.

“Acara yang digagas bersama antara BTA, Nagata dan KTM ini, tujuannya agar ikatan persaudaraan terus terjalin, apalagi di bulan suci Ramadan, silaturahmi sangat dianjurkan,” ujarnya, Minggu (2/4/2023).

Baca Juga:  Penghargaan Adipura 2022 Jadi Motivasi DLH Pamekasan untuk Tambah RTH, Kampung Iklim dan TPS3R

Kegiatan Silaturahmi Akbar ini, kata Faizal, ditempuh menggunakan motor melewati sejumlah perkampungan di beberapa desa di Bangkalan, mulai dari Stadion Karapan Sapi R.P. Moch Noer atau Skep Bangkalan, hingga ke sejumlah desa di Kecamatan Burneh.

Banner Iklan Media Jatim

“Kami start pukul 13.00 WIB, hingga sore, sembari menunggu waktu buka puasa,” ulasnya.

Acara tersebut sengaja ditempatkan di wilayah Burneh, guna mengenalkan pada masyarakat luar bahwa di wilayah tersebut terdapat sejumlah perbukitan yang masih asri dan tidak kalah indah dengan kabupaten lain.

“Jalur yang kami lewati masih baru, sengaja dibuka oleh temen-temen Bangkalan agar bukit-bukitnya dikenal luas,” ucapnya.

Baca Juga:  UIM Sosialisasikan KIP-K 2023/2024, Warek III Minta Wali Dukung Mahasiswa Ukir Prestasi

Karena dengan dijadikan lintasan, lanjut Faizal, bukan tidak mungkin nanti bisa membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat setempat.

“Sebagai pemuda, kenapa tidak, jika kami mau mengambil langkah ini agar bisa membantu perekonomian masyarakat kecil,” paparnya.

Karena itulah, ujar Faizal, acara ini bukan sekadar silaturahmi biasa. Sebab, dalam kesempatan ini pula pihaknya juga bagi-bagi takjil pada pengendara di Jl. Raya Tangkel.

“Selain ada yang ikut start dari Skep, ada beberapa rekan kami yang juga mempersiapkan takjil, hasil dari iuran anggota. Karen selain hobi berjalan, kami juga suka berbagi, apalagi saat Ramadan,” pungkasnya.(hel/faj)