UIN Malang Bangun Asrama Baru di Kampus Tiga, Target Selesai Pertengahan 2024

Media Jatim
UIN Malang
(M. Kholilur Rohman/Media Jatim) Suasana pembangunan asrama di Kampus Tiga UIN Maliki Malang, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jumat (5/5/2023).

Malang, mediajatim.com — UIN Maulana Malik Imbrahim (Maliki) Malang membangun gedung asrama baru di kawasan kampus tiga Kota Batu sejak November 2022.

Pembangunan asrama ini sebagai upaya untuk melengkapi sarana prasarana, sebab, mahasiswa baru wajib menetap di asrama selama dua semester.

Selain itu, pembangunan ini juga untuk mendorong predikat UIN Malang menjadi World Class University.

Direktur Project Management Unit (PMU) UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan M.Ag menjelaskan, pembangunan asrama mahasantri di kampus tiga ini ditargetkan selesai pada paruh tahun 2024 mendatang.

“Proyek ini dimulai sejak bulan November 2022 dan direncanakan selesai dalam jangka waktu satu tahun 9 bulan. Jadi sekitar bulan Juli 2024 proyek ini akan rampung,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Jumat (05/05/2023).

Baca Juga:  Bahas Manajemen Media Sosial, Insan Media HMI se-Pamekasan Lintas Komisariat Gelar Sharing Time

Proses pengerjaan proyek ini dilaksanakan secara terus-menerus selama 24 jam. Hal ini bertujuan agar proyek pembangunan ini bisa tercapai sesuai target.

“Tak kurang dari 200 personil tukang yang bekerja setiap hari. Mereka terbagi menjadi dua shift. Ada yang dari pagi jam tujuh sampai jam sembilan. Shift satunya lagi dari jam satu siang sampai jam sepuluh malam,” paparnya.

Proyek pembangunan asrama mahasiswa baru ini dilaksanakan oleh PT. PP, salah satu jasa konstruksi milik negara yang berada dalam koordinasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Penentuan pelaksana proyek ini diputuskan oleh pihak Kelompok Kerja Nasional (POKJANAS) setelah sebelumnya terdapat 8 pengusul jasa konstruksi,” bebernya.

Baca Juga:  Advokat Sebut Pidana Penganiayaan Wartawan Sumenep Harus Dilanjutkan, Kapolres: Yang Paham Kasatreskrim!

Sementara itu, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin mengatakan, khusus bangunan asrama mahasiswa baru ini ditargetkan selesaikan lebih awal.

“Mohon doanya agar bisa selesai tepat waktu,” tuturnya.

Untuk diketahui, bangunan tiga lantai itu diperkirakan bisa menampung 2.000 mahasiswa baru, sesuai keinginan pihak kampus untuk menambah kuota mahasiswa dari tahun ke tahun.

UIN Malang menargetkan mempunyai 25 ribu mahasiswa pada tahun 2025.

Adapun mahasiswa jurusan apa yang akan menempati asrama di kampus tiga tersebut masih belum diputuskan secara resmi sebab belum selesai dibangun.

Namun, isu yang beredar, asrama di kampus tiga ini akan ditempati mahasiswa dari jurusan kedokteran dan farmasi.(mj13/ky)