695 Bacaleg Akan Berebut 50 Kursi DPRD Sumenep di Pemilu 2024

Media Jatim
Bacaleg Sumemep
(Dok. luwukpost.com) Ilustrasi perebutan kursi kekuasaan.

Sumenep, mediajatim.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep telah resmi menutup pendaftaran Partai dan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DRPD Sumenep pada Minggu (14/5/2023) kemarin.

Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Sumenep Deki Prasetia Utama mengatakan, ada 695 Bacaleg dari 16 partai yang akan memperebutkan 50 kursi DPRD Sumenep di Pemilu 2024 nanti.

Deki memastikan bahwa semua Bacaleg yang terdaftar di KPU Sumenep telah memenuhi 30 persen keterwakilan dari kaum perempuan. “423 Bacaleg laki-laki, dan 272 Bacaleg perempuan,” ucapnya, Jumat (19/5/2023).

Baca Juga:  Selesai Daftarkan Bacaleg, DPC PKB Pamekasan Target 14 Kursi

Namun, Deki belum memastikan terkait Bacaleg yang memiliki keterbatasan atau dari kalangan disabilitas. “Pada tahapan sekarang, kami akan memastikan kepada setiap partai adakah Bacaleg yang disabilitas,” imbuhnya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh partai yang telah mendaftar agar terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan KPU Sumenep. “Karena saat ini merupakan waktu rentan verifikasi berkas Bacaleg,” ujarnya.

Sekretaris Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Sumenep R. Faldy Aditya mengaku telah menyiapkan para Bacaleg di partainya untuk berkompetisi di Pemilu 2024 nanti.

“Kendati partai baru, kami memiliki langkah-langkah khusus, seperti memaksimalkan potensi Bacaleg muda yang eksis di berbagai platform media sosial,” ungkapnya, Jumat (19/5/2023).

Baca Juga:  Pendaftar PPK di Bangkalan Capai 681 Orang, 48 di Antaranya Tidak Penuhi Persyaratan

Selain itu, lanjut Faldy, Bacaleg dari PKN juga merupakan tokoh-tokoh berpengaruh di Dapil-nya masing-masing. Baginya, keadaan tersebut akan menjadi salah satu pendukung untuk menghimpun suara di Pemilu mendatang.

“Kami mengajak kepada teman-teman pemuda yang telah memiliki hak pilih, untuk bangkit menggunakan suaranya dengan bijak,” pungkasnya.(fa/faj)