Jalin Kolaborasi, BRIN Datangi PWI Jawa Timur

Media Jatim
PWI
(Dok. Media Jatim) Foto bersama Tim Humas Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Jawa Timur dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur di Kantor PWI Jatim, Jalan Taman Apsari Surabaya, Rabu (7/6/2023) siang.

Surabaya, mediajatim.com – Tim Humas Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Jawa Timur mengunjungi Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur (Jatim) di Jalan Taman Apsari Surabaya, Rabu (7/6/2023) siang.

Rombongan diterima langsung oleh Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim beserta pengurus harian yang mendampingi.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenalkan tugas dan fungsi BRIN sekaligus memperkenalkan Kawasan Sains Said Djauharsjah Jenie di Surabaya dan Kawasan Konservasi Ilmiah Kebun Raya Purwodadi BRIN di Pasuruan yang merupakan dua fasilitas riset dan inovasi BRIN di Jawa Timur.

Koordinator Humas BRIN Jawa Timur Fitria Rizky Wijaya di hadapan pengurus PWI Jawa Timur dan sejumlah wartawan yang hadir mengatakan, eksistensi BRIN sebagai salah satu badan negara yang berkecimpung dalam dunia penelitian, riset, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan masih belum dikenal secara luas di kalangan masyarakat.

Fitria menambahkan, BRIN memiliki harapan untuk mem-branding diri sehingga membutuhkan bantuan pemberitaan di media massa.

Baca Juga:  Hampir Tiga Tahun Surat Kanim Tanjung Perak ke Pemkot Surabaya Tak Dijawab, Verico Datangi PWI Jatim

Menurutnya, banyak kegiatan BRIN, terutama di daerah, yang belum ter-cover pemberitaannya secara masif, sehingga hasil-hasil riset dan inovasi yang sudah dilakukan kurang diketahui oleh masyarakat.

“Atas dasar itulah kami bersilaturahmi ke PWI Jawa Timur sebagai upaya branding dan membangun relasi dengan teman-teman media massa. Tanpa bantuan pemberitaan dari teman-teman media massa, hasil penelitian yang sudah dilakukan kurang terdengar dan tidak diketahui khalayak,” terangnya, Rabu (7/6/2023).

Selain itu, Fitria juga menyatakan kesediaannya menjadi penghubung wartawan yang membutuhkan akses informasi terkait riset dan inovasi, termasuk menghubungkan wartawan dengan narasumber peneliti di seluruh Indonesia.

Menanggapi pernyataan Fitria, Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim mengatakan bahwa di era saat ini semua instansi pemerintah maupun swasta sudah menggunakan media sosial sebagai alat untuk mempublikasikan aktivitasnya.

“Namun peran media massa, baik cetak, online maupun elektronik masih sangat signifikan sebagai penyampai informasi kepada masyarakat,” tuturnya, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga:  BPBD Jatim Inisiasi MoU SRPB Jatim dengan PWI Jatim

Menurut Lutfil, kerap terjadi hasil riset yang dilakukan tidak bisa diproduksi secara massal lantaran berbagai alasan dari pemerintah sebagai pengambil kebijakan.

“Harapan saya sebagai warga masyarakat, hasil penelitian BRIN tidak hanya berhenti sebatas pada penemuan-penemuan baru namun tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tegasnya.

Lutfil memberi masukan kepada BRIN untuk mengawal kebijakan pemerintah agar hasil riset dan inovasi yang dilakukan oleh para peneliti bisa berguna untuk masyarakat.

Sejumlah masukan lain juga disampaikan oleh peserta yang hadir pada forum tersebut, yakni usulan agar BRIN melakukan riset-riset dan inovasi serta berkolaborasi dengan badan atau organisasi terkait di bidang pertanian, kelautan, dan sumber daya alam.

Acara kunjungan ini diakhiri dengan sesi foto bersama antara rombongan BRIN Jawa Timur dan pengurus PWI Jawa Timur serta peserta yang hadir.(*/faj)