Wali Kota Blitar Minta Masyarakat Tidak Golput dan Tolak Politik Uang di Pemilu 2024

Media Jatim
Uang
(Helmi Yahya/Media Jatim) Wali Kota Blitar Santoso saat memberikan keterangan kepada awak media, Senin (12/6/2023).

Blitar, mediajatim.com — Wali Kota Blitar Santoso minta masyarakat tidak golput dan tidak terlibat politik uang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hal ini dia sampaikan usai menghadiri kirab bendera Pemilu. “Gunakanlah hak pilih dengan bijak, karena satu suara itu menentukan nasib negara, khusunya Kota Blitar,” ungkapnya, Senin (12/6/2023).

Pria nomor satu di Kota Blitar itu berharap, pelaksanaan Pemilu 2024 tetap mengacu pada asas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (Luber Jurdil).

Dalam kesempatan yang sama, Santoso juga mengimbau agar masyarakat dan peserta Pemilu tidak terlibat politik uang. “Hilangkan politik uang, karena itu hanya akan menyengsarakan masyarakat dan peserta Pemilu,” ujarnya.

Baca Juga:  Kasus PHPU Bangkalan Terbanyak se-Jatim, Bawaslu: Kami Siap Sidang di MK!

Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam menjelaskan, penanganan politik uang bukan menjadi tupoksinya. “Tetapi untuk antisipasi, kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan peserta Pemilu,” jelasnya, Senin (12/6/2023).

Kesadaran untuk menghindari politik uang itu, kata Umam, harus diawali oleh peserta Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), baru kemudian KPU.

“Soal politik uang ini tidak bisa dikira-kira, jadi KPU hanya akan menyampaikan imbauan melalui sosialisasi,” tutupnya. (hel/faj)