PERIODE II

Sudah 12 Jam, Kebakaran Kapal Barang PT BEN Santoso di Bangkalan Belum Berhasil Dijinakkan 

Media Jatim
Kapal
(Dok. Media Jatim) Kebakaran kapal pengangkut barang Manna 18 PT BEN Sentosa di Pelabuhan Kamal, Desa Kamal, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Selasa (19/9/2023).

Bangkalan, mediajati.com — Kapal pengangkut barang Manna 18 milik PT BEN Santoso yang terbakar di Pelabuhan Kamal, Desa Kamal, Kecamatan Kamal, belum berhasil dipadamkan hingga hari ini, Selasa (19/9/2023).

Kebakaran kapal tersebut sudah sejak kemarin, Senin (18/9/2023), pukul 22.00 WIB. Pemadam Kebakaran (Damkar) berupaya melakukan pemadaman selama 12 jam lebih namun belum berhasil.

Kepala Bidang Damkar Satpol PP Bangkalan Multazam mengatakan, dua armada damkar yang diterjunkan mengalami kesulitan memadamkan api yang melalap kapal tersebut.

“Lokasi kapal yang terbakar agak ke tengah laut, jadi kesulitan untuk dipadamkan,” tuturnya, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga:  Di Situbondo Sholat Jumat Diimbau Terapkan Physical Distancing

Selain lokasi kapal yang sulit dijangkau, ucap Multazam, ketersediaan air di lokasi juga minim.

“Api sempat dipadamkan menjelang subuh. Tapi pada Selasa (19/9/2023) pukul 07.00 WIB, api kembali membesar,” paparnya.

Sejak tadi pagi, ujar Multazam, tim sudah di lokasi namun api belum berhasil dipadamkan hingga saat ini.

Kebakaran, sambung Multazam, diduga karena percikan api dari salah seorang pekerja saat mengelas kapal. Api kemudian terkena lambung kapal yang masih ada bahan bakarnya. Sehingga api cepat membesar.

“Ada tiga armada yang sudah ada di lokasi sejak pagi tadi, dua armada dari Damkar, satu dari TNI AL Lanal Batuporon,” pungkasnya.(hel/faj)