Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

3 Hari Belajar di Lapangan dan Balai Desa, Ahli Waris SDN 1 Lerpak Bangkalan Izinkan Siswa Kembali ke Sekolah

Media Jatim
SDN
(Dok. Media Jatim) Proses mediasi antara Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan, ahli waris tanah SDN 1 Lerpak dan Plt Kepala Sekolah, di Kantor Dinas Pendidikan Bangkalan, Rabu (20/9/2023).

Bangkalan, mediajatim.com — Keluarga ahli waris pemilik tanah SDN 1 Lerpak, Desa Lerpak, Kecamatan Geger, mengizinkan siswa kembali melaksanakan pembelajaran di sekolah sejak hari ini, Kamis (21/9/2023).

Sebagaimana diberitakan mediajatim.com sebelumnya, para siswa SDN 1 Lerpak dilarang masuk sekolah oleh ahli waris tanah. Sehingga sejak Senin (18/9/2023) kemarin, para siswa menjalani proses belajar di lapangan dan balai desa.

Perwakilan ahli waris Moh. Holil mengatakan, larangan aktivitas KBM di SDN 1 Lerpak kemarin itu karena Pemkab tidak izin saat mau mematok tanah sekolah untuk pengurusan sertifikat.

“Itu tanah orang tua kami, dulu memang dihibahkan dan boleh ditempati untuk sekolah, tapi kalau di sertifikat tunggu dulu,” ujarnya, Kamis (21/9/2023).

Baca Juga:  Terkait Mortir Nyasar Renggut Nyawa di Bangkalan, Polisi Tetapkan 7 Tersangka dengan Ancaman 10 Tahun Penjara

Pihak keluarga, kata Holil, sama sekali belum membicarakan perihal tanah yang akan di sertifikat.

Banner Iklan Media Jatim

“Jadi tidak ada sangkut pautnya dengan tukar guling lahan SMPN 3 Geger. Ini semata-mata karena kami sebagai ahli waris belum menyetujui jika tanah itu akan disertifikat,” ulasnya.

Holil mempersilahkan kepada para guru dan siswa untuk mengaktifkan kembali KBM di SDN 1 Lerpak.

“Silakan ditempati, mulai hari ini sudah bisa digunakan lagi, tapi untuk pengurusan sertifikatnya perlu ada pembicaraan lebih detail nanti,” ulasnya.

Plt Kepala Disdik Bangkalan Agus Zein menjelaskan, permasalahan di SDN 1 Lerpak sudah dibicarakan. Hasilnya, siswa bisa kembali belajar di sekolah mulai hari ini.

Baca Juga:  40 KPPS Tunggu Antrean Pemeriksaan Polisi dalam Kasus Pemotongan Anggaran TPS 2024

“Sekolah sudah diperbolehkan dipakai kembali, hari ini siswa suda belajar lagi di sekolah,” jelasnya, Kamis (21/9/2023).

Terkait permintaan keluarga ahli waris tanah untuk menunda pengurusan sertifikat, Agus menyetujuinya. “Soal sertifikat saya pending, perlu ada musyawarah lebih intens dulu,” tuturnya.

Plt Kepala SDN 1 Lerpak Joko Santoso mengatakan bahwa siswa kini telah kembali ke sekolah sesuai perintah Disdik Bangkalan.

“Kami jalankan perintah itu, siswa sudah kembali ke sekolah, meskipun wali siswa sepertinya kurang antusias,” tutupnya.(hel/faj)