PERIODE II

UNIBA Madura Resmi Buka Fakultas Ilmu Komunikasi Prodi Kajian Film, Televisi dan Media

Media Jatim
UNIBA Madura
(Ongky Arista UA/Media Jatim) Prosesi wisuda UNIBA Madura tahun 2023.

Sumenep, mediajatim.com – Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura resmi membuka Fakultas Ilmu Komunikasi (FIK) untuk tahun akademik 2024-2025.

Dibukanya fakultas ini menjadikan UNIBA Madura sebagai satu-satunya kampus di Pulau Garam yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi.

Dekan FIK UNIBA Madura Siti Sa’adah mengatakan bahwa fakultas yang dipimpinnya terdiri satu Program Studi (Prodi) yaitu Prodi Kajian Film, Televisi, dan Media.

“Umumnya yang kita tahu kuliah ilmu komunikasi hanya di jurnalistik atau public relation, tapi kajian ilmu kami mengolaborasi tiga bidang yaitu film, televisi, dan media. Ini yang menjadi keunggulan kami dibanding lainnya,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga:  Pajero Putih Hantam Pot Bunga hingga Terguling, Pengemudi Meninggal Dunia

Dibukanya FIK ini, lanjut Sa’adah, salah satunya untuk menjawab kebutuhan siswa SMA dan SMK sederajat yang berminat melanjutkan kuliah di bidang ilmu komunikasi.

“Ketika kami berkunjung ke sekolah-sekolah untuk sosialisasi terkait prodi yang ada di UNIBA, kami banyak menemukan siswa yang berminat melanjutkan kuliah di jurusan ilmu komunikasi. Ini yang mendorong kami membuka FIK di UNIBA,” bebernya.

Sementara untuk promosi Prodi ini, selain datang ke sekolah-sekolah, UNIBA memanfaatkan sosial media dan media massa.

“Kami juga memanfaatkan jaringan yang kami punya. Jadi karena saya kuliah di Bandung dulu, saya manfaatkan itu. Tidak menutup kemungkinan akan ada program kerja sama dengan instansi pendidikan luar negeri, karena saya punya jaringan ke Somalia,” jelasnya.

Baca Juga:  Cerita Peraih Juara 1 Lomba MC se-Madura: Sempat Bosan karena Keseringan Diminta Jadi Pembawa Acara!

Dia juga mengajak siswa-siswi yang sudah lulus SMA sederajat, yang berminat melanjutkan kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi UNIBA.

“Meskipun masih baru, jangan khawatir kami akan bekali adik-adik mahasiswa dengan pengalaman kerja. Karena kami didukung dengan fasilitas yang mumpuni, dosen yang berkualitas, juga jaringan kerja sama yang semakin luas nantinya,” pungkasnya.(fit/ky)