Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Penyair Santoso Madura Kembali Raih Juara Cipta Puisi Nasional: Ini Penghargaan yang ke-5!

Media Jatim
Puisi
(Dok. Media Jatim) Penyair asal Pamekasan Santoso Madura.

Pamekasan, mediajatim.com — Penyair Rachmad Santoso atau yang dikenal dengan nama pena Santoso Madura kembali meraih juara di ajang Cipta Puisi Nasional yang diselenggarakan Antero Publish pada Maret 2024 lalu.

Banner Iklan Media Jatim

Sebelumnya, Santoso juga meraih Penghargaan Perunggu dalam ajang Cipta Puisi 2023 yang diselenggarakan oleh Menyapa Rindu Publisher sejak 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

“Saya tidak menyangka bisa kembali menjadi juara nasional cipta puisi, sebab saya hanya mengirim tanpa berpikir jadi juara atau tidak,” ungkap Santoso Madura kepada mediajatim.com, Rabu (3/4/2024).

Kata Santoso, penghargaannya kali ini menjadi prestasi kelimanya dalam ajang lomba cipta puisi tingkat nasional.

“Puisi berjudul ‘Syair Kemarahan’ itu saya tulis berdasarkan pengamatan terhadap kehidupan masyarakat yang tidak bersuara ke atas,” ucapnya.

Menurutnya, puisi juga harus menyuarakan suara-suara rakyat yang tertindas, terutama bagi mereka yang tidak punya ruang untuk menyampaikan aspirasinya.

“Saya menikmati saat menulis puisi, karena enjoy dan dapat mengungkapkan semua keresahan jiwa dengan karya, sehingga dapat dibaca oleh semua orang,” pungkasnya.(rif/faj)