Olimpiade Olahraga Jenjang SD Pamekasan 2024 Dimulai, 91 Siswa Berkompetisi dalam Lima Cabor!

Media Jatim
O2SN Pamekasan 2024
(Dok. Media Jatim) Sekretaris Disdikbud Pamekasan Yudia Samudra Nasir didampingi Kabid SD Taufik Hidayat mengalungkan kartu peserta kepada siswa yang mengikuti O2SN Cabor Bulu Tangkis di GOR Pramuka, Jumat (17/5/2024).

Pamekasan, mediajatim.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang Sekolah Dasar (SD) Tingkat Kabupaten Tahun 2024.

Olimpiade ini dibuka di GOR Pramuka di Jalan Teja, Kecamatan Pamekasan, Jumat (17/5/2024). O2SN dibuka Kadisdikbud Pamekasan Akhmad Zaini yang diwakili sekretaris dinas Yudia Samudra Nasir.

Nasir menuturkan, O2SN ini merupakan ajang penjaringan atlet tingkat SD di 13 kecamatan.

“Bertandinglah sportif, jadikan kompetisi ini untuk mempererat persahabatan. Jangan hanya berharap menjadi juara, karena perjalanan masih panjang. Seumpama kalah hari ini, jadikan modal awal untuk kesuksesan yang akan datang,” tuturnya di depan para peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang SD Disdikbud Pamekasan Taufik Hidayat mengatakan bahwa poin penting O2SN ini adalah upaya mempersiapkan mental dan pembentukan karakter siswa.

Baca Juga:  Beli Motor Curian Rp2,5 Juta, Penadah di Pamekasan Dibekuk Polisi

“Yang paling penting bagaimana karakter, sprotivitas, tanggung jawab, fair play tumbuh dalam diri peserta, dan nilai-nilai ini penting untuk ditanamkan. Misal kalah ya mau mengakui, dan terus berlatih,” jelasnya.

Saat ini, imbuh Taufik, eranya partisipasi. “Jadi saya tetap mendorong siswa untuk ikut berpartisipasi, dengan begitu akan tumbuh percaya diri karena kita mendukungnya. Dengan mereka masuk ke lapangan bertemu dengan kompetitornya saja sudah kebanggaan, soal juara itu bonus,” sambungnya.

Semangat siswa di O2SN, tutur Taufik, adalah hal penting, sebab, semangat inilah yang akan mengantarkan mereka pada keberhasilan seperti prestasi O2SN tahun lalu.

“Tahun lalu kami peringkat 2 nasional Cabor Pencak Silat, semoga tahun ini bisa terulang di semua Cabor, dan saya berharap O2SN tidak sekadar kompetisi dan prestasi tapi menjadi sarana menyalurkan bakat para talenta hebat peserta didik kita di masa depan,” paparnya.

Baca Juga:  Pembangunan Bioskop di Bangkalan Tidak Kunjung Terealisasi, DPMPTSP Ungkap Penyebabnya

Untuk diketahui, ada lima Cabor yang dilombakan pada O2SN 2024. Total peserta ada 91 siswa. Cabor Bulu Tangkis 15 peserta, Atletik 25, Renang 12, Pencak Silat 17 dan Karate 22 peserta.

Adapun lokasi Cabor Bulu Tangkis diselenggarakan di GOR Pramuka dari Jumat (17/5/2024) hingga Sabtu (18/5/2024).

Atletik di Lapangan SMAN 3 Pamekasan pada Senin (20/5/2024). Renang di Kolam Renang Bintang Jaya pada Selasa (21/5/2024).

Sementara Pencak Silat pada Selasa (21/5/2024) dan Karate Rabu (22/5/2024) di Aula Ki Hajar Dewantara Disdikbud Pamekasan.(fit/ky)