Pengadaan Bus Transjatim di Sampang Tunggu Hasil Kajian

Media Jatim
Bus Transjatim
(Moh. Syamsul Arifin/Media Jatim) Kabid Perhubungan Darat Dishub Sampang Hery Budianto saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/10/2024).

Sampang, mediajatim.com — Pada 30 September 2024, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono meluncurkan 15 unit Bus Transjatim Koridor V dengan rute Terminal Bangkalan-Terminal Purabaya.

Sebagaimana diketahui, Bus Transjatim ini sudah diluncurkan pada masa Khofifah-Emil tahun 2022 lalu. Sementara semangat peluncuran bus ini untuk pemerataan layanan transportasi umum.

Kendati bernama Transjatim, bus ini belum memiliki rute ke seluruh wilayah Jawa Timur, khususnya ke seluruh kabupaten di Madura: baik ke Terminal Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Hery Budianto mengatakan, bahwa pengadaan bus Transjatim sudah diupayakan dari awal 2024.

Baca Juga:  IKIP Al Aziz Sampang Sukses Gelar Forum Kajian Ilmiah

“Kami masih mengumpulkan data potensi, kalau kajian sudah ada baru kami usulkan. Selama ini kami masih hitung-hitungan potensi,” katanya, Senin (14/10/2024).

IMG-20241015-WA0020

Hery menuturkan, kajian yang dilakukan bukan hanya potensi dan minat masyarakat, akan tetapi juga rute.

“Kami kemarin sudah melakukan kajian di daerah Pantura Sampang, kami juga wawancara masyarakat,” beber dia.

Sebab, kata Hery, pengadaan Bus Transjatim ini tidak bisa serta-merta dan harus juga melalui musyawarah dengan banyak pihak.

Baca Juga:  Pj Bupati Sampang dan Eks Wabup Diduga Berkomplot Intimidasi Penjabat Kades

“Kita tidak boleh menghilangkan yang ada, terutama angkutan lokal yang sudah beroperasi sejak lama, untuk menghindari konflik di lapangan kita perlu melakukan upaya-upaya agar tidak terjadi konflik,” sambungnya.

Namun yang pasti, lanjut Hery, pengadaan Bus Transjatim ini diharapkan kehadirannya terutama oleh para siswa yang hendak berangkat ke sekolah.

“Angkutan lokal terkadang hanya beroperasi di pasar, nah, siswa yang akan berangkat sekolah masih terkendala angkutan yang mampir ke pasar ini,” pungkasnya.(mj1/ky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *