Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Pemkab Pamekasan Anggarkan Rp4 Miliar untuk Pilkades Serentak 2023, Pelaksanaan Tunggu Persetujuan Forkopimda

Media Jatim
Pilkades 2023
(M. Arif/Media Jatim) Audiensi GAM JATIM ke Kantor Pemkab Pamekasan, Kamis (6/4/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Sejumlah masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Aktivis dan Mahasiswa Jawa Timur (GAM JATIM) melakukan audiensi ke Kantor Pemkab Pamekasan, Kamis (6/4/2023).

Mereka menuntut agar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2023 segera digelar.

Koordinator Lapangan GAM-JATIM Ach. Junaidi menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada lagi alasan bagi Pemkab Pamekasan untuk tidak melaksanakan Pilkades Serentak 2023.

“Dulu, bupati bilang, pemerintah sedang mempertimbangkan karena anggaran mengalami relaksasi, sehingga, penyelenggaraan Pilkades tidak menemui kejelasan, namun hari ini tidak ada alasan lagi,” ungkapnya saat melakukan audiensi di Kantor Pemkab Pamekasan, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga:  Lestarikan Tradisi Leluhur, Pemkab Sumenep Gelar Festival Dara Oddag

Sebelumnya, lanjut Junaidi, pihaknya telah melakukan audiensi ke DPRD Pamekasan, dan hasilnya, anggaran Pilkades 2023 sudah ada dan disetujui oleh Biro Hukum Provinsi Jawa Timur.

Banner Iklan Media Jatim

“Pemerintah harus segera melaksanakan, sebab tidak ada lagi hambatan untuk melaksanakan, dan jangan menunggu bergejolak lagi sehingga menimbulkan konflik di tengah masyarakat,” tegasnya.

Menjawab hal itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan Fathorrachman menjelaskan bahwa pemkab telah menganggarkan Rp4 miliar untuk Pilkades Serentak 2023.

“Anggaranya sudah ada, tinggal menunggu persetujuan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) baru bisa dilaksanakan,” ungkapnya, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga:  Disbudporapar Sumenep Gelar Pameran Lukisan, Sekda Minta Seniman Tularkan Ilmunya ke Pelajar

Terkait persetujuan Forkopimda, kata pria yang akrab dipanggil Paong itu, masih menunggu selesainya kegiatan Safari Ramadan yang saat ini terus berlangsung.

“Keputusannya akan diumumkan sebelum lebaran,” pungkasnya.(rif/ky)