Studi Tiru ke Denpasar, Imigrasi Pamekasan Belajar Pengembangan Pelayanan Publik

Media Jatim
Imigrasi
(Dok. Media Jatim) Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Pamekasan Imam Bahri (paling kanan) saat menemui Kepala Imigrasi Kelas I TPI Denpasar Wisnu Widayat (tengah) pada 22 Mei 2024 lalu.

Pamekasan, mediajatim.com — Imigrasi Kelas II Non TPI Pamekasan melaksanakan Studi Tiru ke Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Denpasar pada 20  hingga 22 Mei 2024 lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk membahas hal-hal yang bisa dijadikan rujukan untuk pengembangan pelayanan keimigrasian yang lebih baik ke depan.

Kepala Sub Seksi Teknologi, Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Kasubsi Tikim) Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pamekasan R. Chandra Nurcholis menjelaskan, banyak hal yang bisa menjadi bahan rujukan pelayanan saat ke Imigrasi Denpasar kemarin.

“Kami sengaja melaksanakan studi tiru ke Imigrasi Denpasar sebab memang di sana sudah Kelas I, sehingga tentu pelayanannya baik,” ungkapnya, Senin (10/6/2024).

Baca Juga:  Komitmen Bupati Pamekasan Jadikan Kabupaten Teladan

Salah satu yang dibahas, kata Chandra, cara untuk mengantisipasi antrean panjang para pengunjung.

“Di sana ada 8 petugas yang melayani pengunjung, sehingga antrean panjang bisa teratasi dengan hal itu, dan masyarakat bisa lebih cepat dilayani,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Chandra, hal lain yang dibahas bersama di Imigrasi Denpasar tentang keberadaan monitor agar masyarakat bisa memantau proses berkas yang masuk.

“Jadi model pelayanannya nanti seperti bank, ada nomor antrean untuk beberapa unit petugas yang disediakan di beberapa meja,” imbuhnya.

Chandra juga menyebutkan bahwa kegiatan ini sebenarnya merupakan bentuk persiapan menuju penilaian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), supaya hasilnya memuaskan.

Baca Juga:  Imbau KPU Hapus 9 Nama Anggota PPS di Sipol, Bawaslu: Agar Tak Ada Polemik Lagi!

“Hal ini juga merupakan upaya untuk memperkuat komitmen dalam membangun zona berintegritas dan meningkatkan kualitas pelayanan,” pungkasnya.(rif/faj/**)