PERIODE II

Spiritualitas Ansor dan Polsek Bangil Jaga NKRI

Media Jatim

MediaJatim.com, Pasuruan – Untuk menjaga keutuhan dan keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Ansor, Banser, dan ajaran Polsek Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan menajamkan spirit spiritualitas. Mereka menggelar kegiatan Rutinan Jumat Pon Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor PAC Bangil di Musholla Al Hikmah Mapolsek Bangil, Jumat (11/08/2017) pukul 19.30 WIB sampai selesai.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kapolsek Bangil, Kompol H. Abdul Hadi, Panglima Banser Bangil, KH. Ahmad Rifa’i, Ketua Lesbumi sekaligus penasehat Ansor PAC Bangil, Gus Ahmad Wildan, ketua Aswaja NU Center cabang Bangil, Ustadz Sulaiman Abbas, kepala Baanar cabang Bangil, Didik Hartono, Gus Irham Afif dari Satkoryon Bangil  (pemandu zikir) dan KH. Ahmad Zainuddin dari PP. Nurud dholam, (penceramah).

Kepala Polisi Sektor Kecamatan Bangil, Kompol H. Abdul Hadi, selaku tuan rumah menyampaikan rasa terimakasih dan bangga kepada Para sahabat Ansor dan Banser PAC Bangil yang telah Istiqomah melaksanakan Rutinan di musholla mapolsek Bangil, beliau berharap smoga bisa selalu bersinergi untuk menjaga keutuhan dan persatuan di negara Kesatuan republik Indonesia, NKRI harga Mati.

KH. Ahmad Zainuddin, selaku pengasuh PP. Nurud Dholam Bangil, menjelaskan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor adalah lembaga semi otonom yang dibentuk oleh Gerakan Pemuda Ansor sebagai implementasi visi revitalisasi nilai dan tradisi, dan misi internalisasi nilai Aswaja dan sifatur rasul dalam Gerakan Pemuda Ansor. Dengan demikian kegiatan ini dilaksanakan merupakan salah satu usaha, demi membentuk karakter anggota GP Ansor sebagai benteng ulama. Ia menekankan, dengan kegiatan dzikir dan sholawat diharapkan anggota GP Ansor bisa memperoleh ketentraman hati, sehingga dalam kehidupan dan berorganisasi selalu dalam keridhoan Allah SWT. Sebagaimana diterangkan dalam sebuah ayat tentang anjuran berdzikir, Alaa bidzikrillahi tathmainnul qulub “Ketahuilah dengan dzikir kepada Allah akan menentramkan hati” (QS.Ar-ro’du : 28 ), tandasnya.

Baca Juga:  GP Ansor Sumenep Gelar Pelatihan Perawatan Jenazah

Selain membentuk karakter, Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor bertujuan sebagai ajang pembelajaran dalam hal beragama islam ala ahli sunnah waljamaah ah-nahdiyah. Sebagaimana kita ketahui bahwa pemuda islam NU yang masuk menjadi anggota GP Ansor lewat diklat Ansor maupun Banser ini dari berbagai latar belakang yang berbeda, ada yang sudah mengusai ilmu syariat islam dan ada juga yang masih tahap belajar dan Untuk mendapatkan apapun yg kita inginkan baik ilmu urusan dunia dan akhirat mari kita fahami dan kita amalkan janji Allah SWT dalam firmanNya yang artinya “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku” (QS. Al-Baqarah: Ayat 152),” pungkasnya.

Sementara itu, Gus Ahmad Wildan selaku penasehat PAC GP Ansor Bangil yang hadir di acara tersebut, mengatakan adanya kegiatan ini memang sangat diperlukan, sinergitas antara Ansor, Banser, dan pihak kepolisian tidak hanya di musholla yang ada di Mapolsek Bangil tapi di seluruh Musholla di wilayah kecamatan Bangil. Ia berpendapat, selama ini kegiatan amaliyah-amaliyah NU memang sudah selalu dilaksanakan GP Ansor akan tapi perlu ditingkatkan dan berkerjasama dengan stakeholder2 termasuk pihak kepolisian melalui lembaga Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor. Banser adalah kader inti GP Ansor sebagai penggerak, pengemban, pelopor dan pengaman program-program keagamaan dan sosial kemasyarakatan GP Ansor. Maka, sebagai anggota Banser harus ikut berperan aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor sebagai pemenuhan tugas dan tanggungjawab sebagai anggota Banser.

Baca Juga:  IPNU-IPPNU Kadur Gelar Khotmil Qur'an dan Santunan Anak Yatim

“Jika kegiatan semacam ini terjaga, ke depan Ansor akan menjadi organisasi kepemudaan keagamaan yang akan di cintai dan diidolakan semua pemuda yang ada di wilayah kecamatan Bangil,” ujar Gus Wildan yang juga menjabat sebagai ketua Lesbumi PCNU Bangil.

Kegiatan rutinan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor sendiri berlangsung di Musholla Al Hikmah Markas Polisi sektor kecamatan Bangil, Rutinan hari jum’at Pon, 11 Agustus 2017. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 75 anggota GP Ansor dan Banser, jajaran  polsek Bangil, dan tokoh NU.

Reporter: Mochammad Adi

Redaktur: Sule Sulaiman