Bersama Puskesmas, LKNU Dungkek Gelar Cek Golongan Darah

  • Bagikan

MediaJatim.com, Sumenep – Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Dungkek kerjasama dengan UPT Puskesmas setempat mengadakan pengecekan golongan darah masyarakat, Selasa (23/02), di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Dungkek Sumenep.

Menurut ketua LKNU Dungkek, Moh Shaleh, dilaksanakannya cek golongan darah merupakan bagian dari Gerakan Dungkek Sehat Jasmani dan Rohani. Hal demikian juga diorentasikan dalam rangka memberikan kesadaran pada masyarakat tentang kesehatan melalui donor darah yang diawali dengan mengetahui golongan darah.

Diadakannya cek golongan darah, terutama bagi warga nahdliyin, menjadi penting sebab mereka masih banyak yang belum mengetahui golongan darahnya. Sehingga terkadang masyarakat kesulitan untuk mencari golongan darah yang sama ketika ada yang membutuhkan khususnya warga NU.

Baca Juga:  PMII IAIN Madura Bina Kader Menulis Esai

Sebab itu, cek golongan darah yang dilaksanakan serentak ini, satu cara agar masyarakat mudah jika ada yang membutuh donor darah. “kalau ada masyarakat butuh bantuan darah, sekarang tinggal memanggil mereka yang telah di cek, sesuai golongan darah yang dibutuhkan,” jelas Shaleh.

Terkait pelaksanaan cek golongan darah bagi pengurus NU dan Banom serta warga Nahdliyin, A. Tirmidzi, selaku Ketua MWC NU Dungkek menegaskan bahwa merupakan suatu kegiatan yang sangat baik, dan program itu adalah untuk mendata golongan darah pengurus untuk kesiagaan LKNU ketika ada warga NU yang membutuhkan donor darah, paparnya.

“Sehingga tidak perlu repot mencari orang yang siap berdonor kemana-mana, karena LKNU sudah mengantongi database pengurus dan itu murni sebagai bentuk kepedulian NU terhadap warga nahdliyin. Jadi, kegiatan cek golongan darah adalah kegiatan sosial yang dilakukan oleh LKNU Dungkek,” tuturnya.

Baca Juga:  Jamaah Membeludak, GP Ansor Pragaan Cetak Sejarah

“Maka harapan kami kedepan bagi pengurus yang sudh cek tadi untuk selalu siap siaga ketika dibutuhkan, dan harapan juga kalau mau donor harus tetap melalui LKNU,” imbuhnya.

Lebih dari itu, kata Tirmidzi, Rais Syuriyah MWC NU Dungkek, KH. Roji Fawaid Baidlawi, sangat mengapresiasi terhadap terselenggaranya kegiatan cek golongan darah ini. Menandakan adanya kesadaran dari masyarakat, khususnya pengurus dan Banom NU Dungkek, pungkasnya.

Reporter: Yondriani Akbar

Redaktur: Sule Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat