Sentol Daya Wakili Kecamatan Pragaan dalam Lomba Desa Siaga

  • Bagikan

MediaJatim.com, Sumenep – Desa sentol Daya, Kecamatan Pragaan mendapat kepercayaan mewakili 14 Desa se- kecamatan Pragaan dalam lomba Desa Siaga tingkat kabubaten.

Sujarno, camat Pragaan mengatakan, setidaknya ada tiga pertimbangan Desa Sentol Daya terpilih mewakili 14 Desa se-kecamatan Pragaan. Pertama, Desa Sentol Daya strategis sebagai desa siaga. Karena lokasinya terletak di perbatasan kecamatan Pragaan – Guluk-guluk.

“Selain itu, Desa Sentol Daya dengan Puskesmas Pragaan terbilang jauh. Akan tetapi, Sentol Daya sangat prospek melayani kesehatan masyarakat selama 24 jam,” ujar Sujarno, (22/02).

“Kultur masyarakatnya semangat untuk maju dan mandiri dalam pelayanan kesehatan (Yankes). Ditunjang semangat semua elemen di dalamnya sangat tinggi. Diataranya, Kepala desa, BPD, PKK, dan tokoh masyarakat. Lebih-lebih kemauan paramedis serta para kader pemudanya bisa diajak maju,” tambahnya.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan: Anggota Legislatif Harus Jadi Panutan Masyarakat

Kedua, Semangat gotong royong dan partisipasi masyarakat cukup tinggi terhadap kesehatan dan keluarga berencana.

“Terbukti sudah dua kali kegiatan donor darah sukarela terlaksana dengan sukses. Kekompakan dan kebersamaan UPT Puskesmas, TP PKK Kecamatan bersenirgai dengan pemerintah Desa setempat. Serta dukungan yang maksimal Kepalapa Desa dan BPD nya”, ujar Sujarno.

Ketiga, Desa Sentol daya, memiliki Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) yg representatif dalam pelayanan kesehatan yang dibangun oleh Pemerintah desa Sentol daya.

“Sumber pendanaannya dari Dana Desa (DD) senilai kurang lebih 200 jt, dan bidang pemberdayaanya senilai 21 juta selama setahun dari pos anggaran Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun 2017.
Sehingga pemberdayaan ini dapat menggerakan posyandu, Bina Keluarga Lansia, BKB, dan Bina keluarga Remaja,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kapolsek Curahdami Imbau Masyarakat Tetap Patuhi Anjuran Pemerintah

Moh. Ali Wafa, Kepala Desa (Kades) Sentol Daya mengatakan bangga atas terpilihnya Desa pimpinannya mewakili 14 Desa se- kecamatan Pragaan mengikuti lomba tingkat kabupaten.

“Ini sebuah penghormatan, semoga ini kebelakang Desa Sentol Daya lebih maju dan jaya,” ujar Moh. Ali Wafa.

Reporter: Zainal Arifin

Redaktur: Sule Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat