PERIODE II

Wabup Pamekasan Targetkan IPM Meningkat Tahun 2021

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan – Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, menargetkan indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2021 meningkat. Salah satu cara yang dilakukan, melalui konsultasi publik untuk menyusun rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Rabu (11/3/2020). 

Bertempat di Mandhepah Agung Ronggosukowati Pamekasan, kegiatan itu melibatkan berbagai instansi pemerintahan, tokoh masyarakat, kalangan akademis, dan tokoh muda Pamekasan. 

Menurut Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, dasar dari pelaksanaan agenda konsultasi publik itu, berdasar Undang-Undang (UU) Nomor  25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Nasional adalah Kewajiban Menyiapkan Rancangannya.

Baca Juga:  Heboh, Anggaran Mamin Petugas Pos Penanganan Covid-19 Desa Kumbang Sari Diduga Dipangkas

Kemudian, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 tahun 2017 tentang Partisipasi Masyarakat dalam Ikut Melakukan Kontribusi Pembangunan. Oleh karenanya ungkap Raja’e, harus ada sinergitas perencanaan yang dilakukan oleh pemkab dengan pemerintah pusat.

“RKPD tahun 2021 dan RKP tahun 2021 dengan mengambil fokus meningkatkan industri pariwisata, investasi di berbagai wilayah, didukung oleh SDM dan infrastruktur  untuk pertumbuhan yang kualitas,” paparnya. 

Dirinya menambahkan, dari 5 program prioritas yang telah menjadi target di masa  kepemimpinannya, juga akan disinergikan dengan beberapa rancangan dari pemerintah pusat. Sehingga peningkatan IPM menjadi salah satu bagian terpenting untuk disinergikan dengan berbagai program yang akan disusun.

Baca Juga:  Gugus Tugas Covid-19 Pacitan Turun Jalan, Bagi Masker dan Sosialisasikan Protokol Kesehatan

“Pembangunan manusia yang berkualitas dan berdaya saing harus diprioritaskan,” ujarnya. 

Mantan Kepala Desa Bujur Barat itu menyampaikan, pihaknya juga menginginkan segenap elemen masyarakat bisa memberikan masukan yang positif, terhadap berbagai rancangan program yang telah menjadi pondasi program pembangunan di masa pemerintahannya. “Semoga ada masukan dan pandangan yang inovatif kemudian progresif untuk menambah kualitas pemerintah dalam menyusun RKPD, semoga bisa bermanfaat kepada masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Sulaiman