PERIODE II

Nama LSM Siti Jenar Dicatut untuk Peras Kepala Desa

Media Jatim

Mediajatim.com, Situbondo – Nama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Siti Jenar diketahui digunakan oknum tidak bertanggungjawab untuk melakukan pemerasan terhadap kepala desa di Situbondo.

Pencatutan nama itu diketahui usai salah satu Kepala Desa mengadu langsung ke Ketua Umum LSM Siti Jenar.

“Ada dua oknum yang mengaku bahwa anggota LSM Siti Jenar. Mereka beralibi disuruh oleh Mas Eko Febrianto selaku ketuanya,” ujar Kepala Desa yang tidak mau disebutkan namanya, Kamis (16/4/2020).

Awalnya ia mengaku sudah memiliki kecurigaan bahwa oknum itu mencatut nama LSM Siti Jenar, makanya ia melakukan konfirmasi langsung kepada pimpinan lembaga tersebut.

“Saya langsung curiga karena katanya disuruh Ketua Umum LSM Siti Jenar. Karena curiga, saya langsung menghubungi Mas Eko. Ternyata pengakuan beliau memang benar bukan dari lembaga LSM Siti Jenar,” jelasnya.

Baca Juga:  Nyaris Diamuk Massa, Pelaku Curanmor di Muncar Digelandang Polisi

Saat menemui kepala desa, oknum tersebut menyampaikan bahwa desa yang bersangkutan sedang memiliki kasus dan mereka juga meminta uang sebagai dana pengamanan kasus.

“Lucu saja, padahal saya tidak pernah merasa ada kasus. Inti akhirnya mereka meminta uang kepada saya dengan mengatasnamakan LSM Siti Jenar,” ceritanya.

Sementara saat dikonfirmasi, Ketua Umum LSM Siti Jenar Eko Febrianto mengaku sangat geram setelah mengetahui nama lembaga yang dipimpinnya dicatut untuk melakukan pemerasan.

Eko menjelaskan, LSM Siti Jenar tidak pernah memiliki anggota oknum berinisial H dan P seperti yang disebutkan kepala desa itu.

Baca Juga:  Gunakan Anggaran Aset Kecamatan, Camat Torjun Sampang Dimutasi ke Damkar

“Tidak ada nama dua oknum tersebut di lembaga saya. Bukan hanya ini saja, sering nama lembaga saya dicatut oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” kata Eko Febrianto saat ditemui di kantornya.

Ia menegaskan, pihaknya akan merevisi kembali anggota LSM Siti Jenar dan akan menerbitkan kartu anggota khusus yang sekiranya tidak bisa dibajak atau ditiru.

“Saya akan merevisi kembali angota – anggota saya dari LSM Siti Jenar, dengan membuat kartu anggota yang khusus serta saya akan buat siaran pers agar tidak terjadi seperti ini kembali, dan jika masih ada silakan hubungi kontak saya langsung,” tukasnya.

Reporter: Frengky

Redaktur: Zul