oleh

Cegah Covid-19 Meluas, GP Ansor di Lamongan Bagi-bagi Masker

MediaJatim.com, Lamongan – Hingga saat ini Kabupaten Lamongan masih menjadi kabupaten/kota dengan urutan ketiga se-Jawa Timur dalam peta sebaran Covid-19. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan per tanggal 19 April 2020 pukul 19.00 WIB, menyebutkan ada 28 terkonfirmasi positif, 110 PDP, 268 ODP, 348 OTG, 35049 ODR.

Melihat angka penderita Covid-19 masih tinggi, hari Senin ini Bupati Lamongan mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker jika keluar rumah.

Sebagai bentuk kepedulian sekaligus pencegahan penyebaran virus Corona serta mendukung upaya dari pemerintah, Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser dari PAC Karanggeneng mengadakan kegiatan pembagian masker secara gratis kepada pengguna jalan yang melintas di pertigaan jalan Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Minggu sore (19/4/2020).

Baca Juga:  Silaturahmi, Alumni Pesantren Raudlatul Ihsan Palongan Sumenep Gelar Diskusi Publik

Ketua PAC GP Ansor Karanggeneng Hadi Santoso mengatakan, sebanyak 1.500 masker yang dibagikan merupakan donasi dari anggota Ansor di tingkat ranting yang ada di wilayah Karanggeneng.

Hadi mengharapkan kepada seluruh warga untuk menggunakan masker kain. Pemerintah tidak mengharuskan masyarakat memakai masker bedah atau N-95. Masyarakat bisa menggunakan masker kain karena dapat digunakan berulangkali setelah bersih dicuci. Sementara masker bedah atau N-95 diutamakan untuk petugas medis atau mereka yang sedang sakit.

“Kami tadi membagi masker kain. Saat ini sudah banyak masker kain buatan UMKM atau buatan rumah tangga. Warga bisa membeli langsung. Sudah banyak kok di pasaran,” kata Hadi.

Baca Juga:  Karang Taruna "Malate Pote" Kertagena Tengah Siap Bangun Desa

Sementara itu, ketua panitia Zainal menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi akan pentingnya menggunakan masker di tengah wabah virus Corona yang telah merebak di seluruh wilayah Indonesia. Pihaknya melihat masih banyak warga yang belum sadar menggunakan masker.

“Kami melakukan kegiatan imbauan dan informasi terus kepada warga, terutama mereka yang terpaksa masih bekerja di luar rumah, agar terus menggunakan masker. Saat ini masker wajib digunakan setiap warga, tidak hanya yang sakit, namun yang sehat juga perlu memakainya,” pungkasnya.

Reporter: Bisri

Redaktur: Zul