oleh

Seminggu Terakhir, Ratusan Pekerja Migran Terus Berdatangan ke Bangkalan

MediaJatim.com, Dalam seminggu terakhir, ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari liar negeri terus berdatangan ke Bangkalan. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bangkalan mencatat, sejak 7 April hingga 12 Mei 2020 sebanyak 613 PMI pulang kampung.

PMI tersebut terdiri dari Anak Buah Kapal (ABK) dan TKI di luar negeri. Kepala Dinas Perhubungan melalui Kabid Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bangkalan Ariek Moein menyampaikan, sebelum dipulangkan ke rumahnya masing-masing, ratusan PMI itu diperiksa di Surabaya maupun Jakarta.

Selain itu, pihaknya tetap menjalankan protokol kesehatan seperti pemeriksaan dan pendataan diri di pos jembatan Suramadu sisi Madura maupun di Terminal Bangkalan.

Baca Juga:  Musdes Pembentukan Panitia Pemilihan BPD dan Kasun di Desa Jetis Lor Dinilai Sesuai Regulasi

“Di sini kita tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya, Rabu (13/05/2020).

Ariek menambahkan, screening kepada PMI dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Sebab hingga saat ini, kasus positif Covid-19 di Bangkalan mayoritas seorang ABK.

“Kami imbau untuk isolasi mandiri selama 14 hari,” tambah dia.

Tak hanya itu, Tim Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan juga melakukan pemeriksaan, seperti cek suhu tubuh terhadap pengguna jalan yang masuk ke Bangkalan.

“Baik pengguna roda dua maupun roda empat, tetap kita periksa di pos pemeriksaan Suramadu,” tutupnya.

Baca Juga:  Cara NU Bluto Cegah Penyebaran Covid-19

Reporter: Wahyudi

Redaktur: Zul