oleh

Ansor Ambunten Blusukan Salurkan Zakat Fitrah pada Warga Tidak Mampu

MediaJatim.com, Sumenep – Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Ambunten, Sumenep, Madura, Jawa Timur blusukan menyalurkan puluhan zakat fitrah kepada warga tidak mampu, Selasa (19/5/2020).

“Kami menyalurkan zakat fitrah kepada warga tidak mampu,” kata Ketua PAC GP Ansor Ambunten Abdullatif Muhammad.

Puluhan paket zakat fitrah itu, kata Abdullatif Muhammad, merupakan zakat fitrah dari masing-masing pengurus kecamatan sampai desa atau pengurus ranting, kemudian dikumpulkan dan disalurkan kepada warga yang dinilai berhak menerima zakat fitrah.

“Ini merupakan zakat fitrahnya dari sahabat-sahabat pengurus kecamatan dan ranting dikumpulkan dan diberikan kepada warga kurang mampu,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sembako Berkualitas, KPM Talang: Terimakasih Kades dan Pendamping

Penyaluran puluhan paket zakat fitrah itu dilakukan dengan cara mendatangi langsung rumah-rumah warga yang dinilai berhak menerima bantuan berupa zakat fitrah setelah sebelumnya dilakukan pendataan oleh pengurus GP Ansor setempat.

“Jadi, kami mendatangi langsung rumah warga yang menurut kami berhak dibantu, dan sebelumnya kami melakukan pendataan dulu agar benar-benar tepat sasaran,” bebernya.

Daerah yang menjadi target penyaluran zakat fitrah itu, lanjut Ra Abdu sapaan akrabnya Abdullatif Muhammad, yakni Desa Ambunten Barat, Ambunten Tengah, Beluk Raja, dan Beluk Keni’.

“Kami ingin berbagi dengan masyarakat apalagi dalam keadaan situasi seperti ini yang kami kira banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari kita semua,” sebutnya.

Baca Juga:  GP Ansor di Sumenep Gotong Royong Perbaiki Jalan

Disamping itu, Sekretaris PAC GP Ansor Ambunten Hayat menjelaskan, selain penyaluran zakat fitrah kepada warga tidak mampu, juga memberikan santunan kepada puluhan anak yatim yang ada di kecamatan setempat.

“Kami juga memberikan santunan kepada anak yatim yang ada di kecamatan Ambunten,” ujarnya.

Hayat berharap, bantuan berupa zakat fitrah dan santunan kepada anak yatim itu dapat meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Meski tidak banyak setidaknya bisa membantu meringankan beban warga tidak mampu dan anak yatim untuk kebutuhan sehari-hari,” tandasnya.

Reporter: Ist

Redaktur: Zul