FAS Desak Aparat Usut Tuntas Kasus KDRT yang Dilakukan Oknum DPRD Jatim

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Surabaya – Puluhan massa yang tergabung dalam Forum Aktivis Surabaya (FAS) melakukan aksi di depan Mapolda Jatim, Jalan A Yani Surabaya, Selasa (26/10/2021).

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Massa tersebut mendesak aparat penegak hukum mengusut tuntas kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang diduga dilakukan oleh Anggota Fraksi Gerindra DPRD Jatim berinisial BK.

Koordinator Aksi Lapangan FAS, Abdul Hayyi mengatakan, gerakan itu dilatarbelakangi atas kepedulian terhadap perempuan yang kerap kali mengalami kasus kekerasan.

Baca Juga:  Cerita Nasabah BRI Bangkalan Urus Uang Macet di ATM: Antre Lama, Cuma Disuruh Hubungi Call Center!

“Kami minta untuk ditegakkan seadil-adilnya tanpa ada intervensi dari pihak manapun dan mengimbau pada seluruh stakeholder untuk mengawal proses hukum ini secara tegas, adil dan transparan,” tegas Hayyi.

Dalam aksi ini, pihaknya menyampaikan 4 poin tuntutan. Pertama, ia meminta pihak berwajib dalam hal ini kepolisian harus menuntaskan kasus dugaan KDRT tersebut secara transparansi, tegas dan secara adil.

“Kedua, kami meminta penyidik Polda Jawa Timur harus bertindak cepat dalam proses penyidikan, profesional dan proporsional, dalam penanganan kasus KDRT ini,” jelasnya.

Baca Juga:  RSUD Pamekasan Dapat Predikat Baik dalam Survei Kepuasan Masyarakat Semester Kedua 2023

Kemudian tuntutan ketiga, lanjut Hayyi, BK yang diduga melakukan kekerasan berulang-ulang terhadap istrinya ini dihukum seberat-beratnya, sesuai dengan ketentuan hukum.

“Ini supaya tidak terjadi lagi kekerasan yang menimpa kaum perempuan,” tandas Hayyi.

Sedangkan tuntutan keempat, Hayyi mendesak Ketua Umum DPP Partai Gerindra melakukan tindakan tegas dengan memecat BK dari keanggotaan di Partai Gerindra.

“Yang terakhir, kami menuntut Ketua Umum DPP Partai Gerindra melakukan tindakan tegas, dengan memecat oknum ini dari keanggotaan partai,” pungkasnya.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul