WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Ribuan Santri Ikut JJS PCNU Sumenep, Kiai Pandji Ajak Kaum Sarungan Jihad untuk Kesejahteraan Umat

Media Jatim
JJS
(Kurdianto Al Laily/Media Jatim) Sambutan Ketua Tanfidziyah PCNU Sumenep KH. A. Pandji Taufiq dalam acara Jalan Jalan Santri (JJS) Hari Santri Nasional 2023 di Taman Adipura Sumenep, Minggu (15/10/2023)

Sumenepmediajatim.com — Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep menggelar Jalan-Jalan Santri (JJS) di Taman Adipura Sumenep, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota, Minggu (15/10/2023).

JJS yang dihadiri oleh ribuan kaum sarungan di Sumenep ini merupakan rangkaian acara Hari Santri Nasional (HSN) 2023 yang digelar PCNU setempat.

Ketua Tanfidziyah PCNU Sumenep KH. A. Pandji Taufiq, dalam sambutannya, meminta agar kaum santri berjihad untuk kesejahteraan masyarakat di kabupaten yang berjuluk Kota Keris ini.

Mengingat, kata pria yang akrab disapa Kiai Pandji itu, Sumenep masih ada di urutan ketiga sebagai kabupaten termiskin di Jawa Timur.

“Untuk memberantas kemiskinan, mari kaum santri membantu pemerintah. Kita semua perlu mengubah mindset, dari meminta kepada pemerintah menjadi membantu pemerintah dalam menyejahterakan rakyat Sumenep,” ungkap Kiai Pandji dalam sambutannya di hadapan ribuan peserta JJS yang memadati Alun-Alun Kota Sumenep, Minggu (15/10/2023).

Baca Juga:  Fixed Marriage

Kata Kiai Pandji, Sumenep dikenal dengan potensi alamnya yang luar biasa. Tapi ternyata kondisi rakyatnya masih miskin.

Banner Iklan Media Jatim

“Karena itulah, santri harus berjihad untuk kesejahteraan masyarakat Sumenep. Ini sangat sesuai dengan tema HSN 2023, yakni Jihad Santri, Jayakan Negeri,” imbuhnya.

Kiai Pandji menambahkan, tujuan digelarnya JJS ini sejatinya untuk membangun kebersamaan agar kedamaian di bumi Sumenep tetap terjaga dengan baik.

Maka dari itu, tutur Kiai Pandji, JJS ini bukan sekadar mainan, melainkan upaya menanamkan nilai pada kaum santri agar menghargai dan menjunjung kesepakatan founding fathers bahwa NKRI adalah harga mati.

Baca Juga:  Penutupan PBAK UINSA 2018 Diwarnai Aksi Demonstran

“Kaum santri, ayo rapatkan barisan. Siapa yang mengganggu NKRI, maka santri harus ada di garda terdepan menjadi pembela,”pungkasnya.

Diketahui, peserta JJS PCNU Sumenep start dari Taman Adipura sekitar pukul 06.30 WIB, kemudian melintasi Jalan Diponegoro, Jalan KH. Zainal Arifin, Jalan KH. Wahid Hasyim dan tiba ke titik finish di lokasi semula.

JJS yang digelar PCNU Sumenep ini juga dipenuhi oleh hadiah menarik, antara lain, tiga paket umrah gratis, sepeda motor Beat, kulkas, setrika dan lain sebagainya.(mj21/faj)