Jurusan Teknologi Elektro POLTERA Kenalkan Arm Robot ke Siswa SMA di Pamekasan

Media Jatim
POLTERA
(Rena Yunita J/Media Jatim) Kegiatan pelatihan dasar merakit Arm Robot oleh Jurusan Teknologi Elektro POLTERA kepada siswa SMA sederajat di Pamekasan yang bertempat di Aula SMAN 4 Pamekasan, Selasa (14/5/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Jurusan Teknologi Elektro Politeknik Negeri Madura (POLTERA) menyelenggarakan pelatihan dasar merakit Arm Robot menggunakan mikrokontroler Arduino Nano di SMAN 4 Pamekasan, Selasa (14/5/2024).

Kegiatan ini menyasar siswa kelas X dan XI SMA sederajat di Pamekasan. Adapun peserta yang hadir dalam pelatihan ini, yakni 60 siswa yang terbagi menjadi 20 tim.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknologi Elektro POLTERA Norma Mahmudah mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mengenalkan pengetahuan dasar elektronika.

Pelatihan ini, kata Norma, terdiri dari perakitan Arm Robot, pemprograman serta meng-upload program ke mikrokontroler.

“Bidang elektro itu sangat luas, salah satunya Arm Robot yang telah banyak digunakan di industri. Fungsinya seperti lengan manusia, untuk memindahkan suatu benda dari posisi awal ke posisi atau arah yang dituju,” paparnya, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga:  Hujan dan Angin Kencang di Pamekasan Terjang 40 Bangunan, BPBD: Bantuan Masih Dibahas!

Lebih lanjut Norma menjelaskan, penggunaan Arm Robot di bidang industri kini sudah marak karena memang memberikan berbagai kemudahan bagi para pemiliknya.

“Yang kami kenalkan kepada siswa SMA ini adalah miniaturnya. Walaupun menggunakan Arduino tipe Nano, namun mikrokontroler ini bisa menyimpan banyak program sehingga sangat fleksibel digunakan para siswa yang masih baru belajar mengoperasikan Arm Robot,” jelasnya.

Pelatihan ini, lanjut Norma, juga menjadi kesempatan bagi dirinya dan timnya untuk mempromosikan POLTERA, khususnya Jurusan Teknologi Elektro kepada para siswa.

Norma berharap, kegiatan ini memberikan banyak manfaat, sehingga bisa menjadi bekal bagi para siswa jika nanti ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di bidang Teknologi Elektro.

Baca Juga:  Sudah Sebulan Eks Kades Larangan Tokol dkk Ditetapkan Tersangka namun Tak Ditahan!

Sementara itu, Kepala Program Studi (Kaprodi) D4 Teknologi Rekayasa Otomasi POLTERA M. Sohibul Hajah menerangkan bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk menyalurkan minat dan bakat siswa SMA di bidang robotik.

“Saya lihat antusias siswa sangat tinggi, bahkan ada yang meminta diberikan pelatihan tambahan setelah kegiatan ini, kami senang karena mendapat respon yang sangat positif,” tutupnya.(fit/faj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *