LF Annuqayah Gelar Olimpiade Falakiyah

  • Bagikan

MediaJatim.com, Sumenep – Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren (Ponpes) Annuqayah, Guluk-guluk, menggelar Olimpiade Falakiyah yang dilaksanakan di depan Masjid Jami’ Annuqayah, Rabu (24/01). Peserta yang mengikuti lomba tersebut, delegasi santri masing-masing daerah Ponpes Annuqayah.

Adapun format penilaiannya, babak penyisihan menjawab soal tertulis.
Babak final menjawab soal secara lisan atau interview terkait wawasan falak dan praktiknya. Fathorrozi, selaku pemerhati dan praktisi falak di Kabupaten Sumenep, bertindak sebagai dewan juri.

Pada bapak penyisihan peserta yang dinyatakan lolos sebanyak 20 orang. Dari 20 peserta yang masuk babak final 6 orang. Terdiri dari 5 santri utusan Ponpes Annuqayah daerah Latee dan 1 santri yang  utusan Ponpes Annuqayah daerah Lubangsa Utara.

Baca Juga:  Di Hadapan Kader Baru, Ketua IPPNU Pamekasan Minta Kenali Aswaja An-Nahdliyah

Ketua Lajnah Falaqiyah, Moh. Affan Ridlallah mengatakan tujuan diadakan lomba olimpiade Falakiyah ini untuk mengasah wawasan para santri dalam bidang ilmu falak.

“Karena ilmu Falak berkaitan dengan keabsahan ibadah, misalnya waktu shalat dan arah kiblat,” ujar Moh Affan Ridlallah saat ditemui usai acara.

Dan ditemui secara terpisah, Moh. Faisal Reza, selaku salah satu peserta yang masuk babak final menuturkan bahwa sangat antusias sekali dengan adanya kegiatan ini. Selain berhubungan dengan fikih, ilmu falak juga berhubungan dengan sains dan teknologi.

“Olimpiade ini juga sebagai tolak ukur sejauh mana kemampuan para santri dalam menguasai ilmu Falak. Bagi peserta yang gugur nantinya bisa lebih semangat untuk belajar ilmu Falak,” ujar Reza.

Baca Juga:  Ansor Bluto Gandeng Santri Nurul Ishlah Perangi Narkoba

Reporter: Zainal Arifin

Redaktur: Sule Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat