PERIODE II

Ifan: Al-Qur’an Harus Diperkenalkan Sejak Dini

Media Jatim
Ifan Ariadna (sebelah kanan) bersama Rektor Universitas Islam Jember (UIJ) saat buka bersama di Kantor PCNU Jember. (Foto: Ardiansyah/MJ)

MediaJatim.com, Jember – Al-Qur’an harus diperkenalkan sejak dini kepada anak-anak. Sebab jika sejak kecil seseorang sudah dikenalkan dengan Al-Qur’an, maka ia akan menjadi pembimbing dalam proses tubuh kembangnya hingga mencapai dewasa. Sehingga keshalehan dan akhlaq mulia akan mewarani karakter hidupnya.

“Karena itu, betapa pentingnya kita memperkenalkan Al-Qur’an sejak dini kepada anak-anak kita,” ujar Ifan Ariadna di sela-sela menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an di aula Kantor PCNU Jember, Jawa Timur, Sabtu (9/5).

Menurut Ifan, Al-Qur’an merupakan sumber primer ilmu pengatahuan yang demikian lengkap mulai dari soal akhlaq, kejujuran, kedisiplinan, teknologi, dan seluruh aspek kehidupan. Selain sebagai sumber ilmu, Al-Qur’an juga berfungsi sebagai penuntun dalam kehidupan manusia. Karena itu, dengan mengajarkan anak mengenal Al-Qur’an sejak dini, berarti telah memberikan landasan yang kuat bagi dia untuk berkembang sebagai pribadi yang cakap sekaligus berakhlaq mulia.

Baca Juga:  Sandi, Kades Curah Jeruh yang Sakti Mandraguna

“Al-Qur’an adalah pondasi ilmu sekaligus akhlaq. Jangan sampai anak-anak kita tidak mengenalnya,” ucap bakal calon bupati Jember itu.

Pengusaha yang bergerak di bidang Teknologi Informasi Alutsista (alat utama sistem persenjataan) itu berharap agar peringatan Nuzulul Qur’an dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur’an sehingga kitab suci umat Islam tersebut dapat menjadi kompas di belantara kehidupan yang maha luas ini.

“Sebagai penuntun, sampai kapanpun Al-Qur’an dibutuhkan manusia,” pungkasnya.

Reporter: Ardiansyah

Redaktur: Sulaiman