Kompres UIN KHAS Jember Raih Juara Dua SF-NMCC 2021

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Jember – Bendera Komunitas Peradilan Semu (Kompres) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, berkibar cukup tinggi di Kompetisi Sharia Faculty National Moot Court Competition (SF-NMCC) 2021. Pasalnya, Kompres UIN KHAS berhasil merengkuh juara dua dalam ajang itu yang digelar di IAIN Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (30/10/2021).

SF-NMCC merupakan event bergengsi yang dilaksanakan setiap tahun oleh Fakultas Syariah dalam lingkup PTKIN se-Indonesia. Tujuannya adalah melatih kecakapan peserta, meliputi simulasi sidang menjadi hakim, jaksa, pengacara, dan lainnya.

Direktur Kompres, Nury Khoiril Jamil menyatakan, pihaknya telah melakukan persiapan selama 3 bulan. Katanya, untuk bisa masuk babak final, ada 3 tahap yang harus dilalui. Di antaranya adalah tahap penyisihan berkas, tahap video persidangan dan dilanjutkan ke babak final. Tahap awal hanya diambil 11 besar dan akhirnya tersisa 5 besar untuk masuk babak final.

“Perjuangan teman-teman sangat luar biasa. Pagi, siang, malam terus berkonsultasi kesana-kesini, termasuk yang selalu mendampingi kami, Bapak Ahmad Hasan Basri, yang sangat getol dari awal untuk membimbing kami di sini. Tak lupa pula kepada Bapak Helmi Zaki Mandiansyah, serta dari kejaksaan Malang, Kejaksaan Situbondo, senior-senior, serta dukungan dari fakultas dan pihak laboratorium,” ungkap Jamil di kampus UIN KHAS Jember, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga:  Hendy: Banyak Bantuan Ditolak, Kasihan Petani

Atas raihan tersebut, Jamil dan tim mendapat nominasi berkas penyisihan terbaik serta terdakwa terbaik. Ke depan, ia berharap agar Kompres bisa berkembang lebih baik lagi.

“Semoga Kompres semakin maju dengan desain keorganisasian yang unggul, untuk fakultas semoga lebih maksimal dalam mendukung kegiatan seperti ini,” kata Jamil yang juga Ketua II Bidang Jurnal Media Center Fakultas Syariah tersebut.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Abdul Jabar menjelaskan bahwa peran laboratorium adalah melakukan koordinasi, memilih dosen pembina selama latihan, dan mengkoordinasikan dengan pimpinan fakultas.

“Yang tidak kalah penting adalah bagaimana agar tim atau delegasi tetap terjaga kekompakannya. Laboratorium selalu memberikan motivasi-motivasi termasuk juga mengarahkan bagaiamana agar bisa bersaing dengan tim dari PTKIN yang lain,” ucapnya.

Baca Juga:  Melawan Corona, Butuh Kesungguhan dan Kekompakan

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Martoyo, menyatakan sangat bangga atas prestasi yang telah diraih oleh tim delegasi Fakultas Syariah sebagai juara dua SF-NMCC 2021.

“Ke depan kita berharap terus meningkatkan performa Kompres terutama untuk menyiapkan SF-NMCC 2022 di IAIN Metro Lampung. Saya yakin jika kita usaha, kerja keras, dan kerja cerdas pasti akan meraih juara terbaik,” terangnya.

Apresiasi juga datang dari Dekan Fakultas Syariah UIN KHS Jember, Prof. M. Noor Harisudin. Ia mengaku bersyukur atas prestasi tersebut. Menurutnya, juara dua yang disabet anak didiknya, tak lepas dari usaha sungguh-sugguh dan kekompakan tim yang terus terjalin dengan baik.

“Kolaborasi dan sinergi yang bagus antara semua elemen terutama delegasi Fakultas Syariah, untuk meraih juara tersebut. Dulu kita sebagai pendiri yang menginisiasi SF-NMCC 2018, alhamdulillah di tahun 2021 ini, 3 tahun kemudian kita berhasil meraih juara 2,” ucap Prof. Harisudin yang juga Ketua APHTN-HAN itu.

Reporter: Aryudi AR

Redaktur: Zul

  • Bagikan
WhatsApp chat