APBD Sampang Akan Dipangkas Rp50 Miliar setiap Tahun untuk Bayar Utang Pembangunan JLS

Media Jatim
JLS Sampang
(Ongky Arista UA/Media Jatim) Warga melintas di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kabupaten Sampang.

Sampang, mediajatim.com — Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Sampang hingga kini belum melakulan kajian terhadap dampak ekonomi pascapembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Anggota Komisi III DPRD Sampang Abdus Salam meminta pemerintah melakukan kajian dampak positif JLS bagi sektor ekonomi masyarakat.

“Kalau tidak dikaji secara detail, maka kami tidak mengetahui, apakah berdampat positif atau tidak bagi masyarakat, harus ada evaluasi,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Selasa (6/6/2023).

Di sisi lain, kata politisi Demokrat itu, proyek jalan yang menelan dana Rp199 miliar tersebut merupakan hasil dari berutang melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca Juga:  Ikut Resmikan Samsat Unggulan Payment Point Lenteng, Jasa Raharja Pamekasan: Permudah Warga Bayar Pajak!

“Setiap tahun APBD Sampang harus dipangkas kurang lebih Rp50 miliar untuk bayar utang, makanya harus dijelaskan, hal apa yang mesti diperbaiki dan sebagainya, bukan malah terkesan acuh tak acuh terhadap kajian detailnya,” paparnya.

Sementara Kepala Bappeda Litbang Sampang Umi Hanik Laila menjelaskan bahwa kajian terkait JLS hubungannya dengan peningkatan sektor ekonomi masyarakat tidak dilaksanakan sebab terkendala anggaran.

“Anggaran kami sangat terbatas, dan belum jelas kapan akan dilakukan kajian,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Selasa (6/6/2023).

Merujuk kepada peruntukannya, lanjut Hanik, pembangunan JLS diorientasikan pada peningkatan produktivitas masyarakat di sektor perumahan, perdagangan dan jasa.

Baca Juga:  Pendaftaran Ditutup, KPU Sumenep Verifikasi Berkas 15 Parpol hingga 23 Juni 2023

“Anggaran kajiannya dimasukkan dalam program-program prioritas lainnya, sehingga kami tidak bisa memastikan kapan akan mengkaji secara detail di sektor peningkatan perekonomian ini,” pungkasnya.(rif/ky)