Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Mengurai Fasilitas UNIBA Madura, Salah Satu Kampus Mewah di Pulau Garam

Media Jatim
Kampus UNIBA Madura
(Ikhwan Fajarisman/Media Jatim) Potret terbaru Kampus UNIBA Madura, Rabu (18/9/2024).

Fasilitas dan Gedung

Meskipun baru berdiri pada 2019, Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura tidak bisa diremehkan dan disebut sebagai kampus kecil.

Pembangunan kampus beserta fasilitasnya terus dikebut dari tahun ke tahun. Hari ini, UNIBA Madura menjadi kampus termewah di Kabupaten Sumenep, bahkan, di Pulau Madura.

Gedung dan fasilitas yang terus dibangun di kampus UNIBA Madura tidak lain untuk menunjang akselerasi dan kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) mahasiswa.

Rektor UNIBA Madura Prof. Rachmad Hidayat mengatakan bahwa kampus yang berada di Kecamatan Batuan ini mempunyai tiga gedung utama untuk KBM.

“Kami punya Gedung Campaka, Kapanjin dan Daramista untuk KBM. Setiap ruang kampus di sini AC central,” ucapnya, Rabu (18/9/2024).

Selain gedung, UNIBA Madura juga memiliki fasilitas akademik dan nonakademik yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen.

“Kami mempunyai laboratorium komputer, perpustakaan, aula, lapangan olahraga, kewirausahaan, radio, podcast, bank mini,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pembangunan Mako Polres Pamekasan Resmi Dimulai, Ditarget Rampung Desember 2024

Di Pulau Madura, hanya Perpustakaan UNIBA Madura yang terakreditasi A oleh Kemendikbudristek RI dengan koleksi 18 ribu eksemplar buku.

Selain itu, UNIBA Madura mempunyai perpustakaan keliling yang turun ke sekolah-sekolah yang menjadi mitra.

“Pada tahun 2025, kami akan menciptakan inovasi baru yakni perpustakaan online. Agar bisa diakses oleh mahasiswa kapan dan di mana saja,” bebernya.

Banner Iklan Media Jatim

Masih kata Prof. Rachmad, saat ini UNIBA Madura mempunyai tiga aula besar untuk rapat, pertemuan dan acara-acara seremonial.

“Aula Jagha Tembha kapasitasnya 150 orang, Pesantren kapasitasnya 800 orang dan Tuan Ghube kapasitasnya 2.000 orang,” tuturnya.

Punya Pabrik Air Siap Minum

Selain gedung-gedung, UNIBA Madura memiliki pabrik air siap minum. Pabrik ini dibuka untuk meningkatkan skill dan nalar kewirausahaan mahasiswa.

“Pabrik ini menjadi laboratorium kewirausahaan dan tempat magang bagi mahasiswa kami,” ujar Prof. Racmad.

Baca Juga:  OPBA eLMEN'S: Pemuda adalah Pemegang Masa Depan Daerah

Dia juga menyampaikan bahwa UNIBA Madura menyediakan radio dan tempat podcast untuk meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa.

“Untuk stasiun televisi, kami ditopang oleh PT. Pojur dan lokasinya ada di Kabupaten Pamekasan,” katanya.

Sementara untuk fasilitas olahraga di UNIBA Madura terletak di dalam dan luar ruangan.

Lapangan bulu tangkis, futsal dan tenis meja di GOR Ahmad Dahlan. Sedangkan lapangan basket di halaman kampus.

Prof. Rachmad mengatakan, segala kemewahan itu sebagai bentuk pelayanan pendidikan oleh UNIBA kepada mahasiswa.

“Kami ingin 4.200 mahasiswa UNIBA Madura menikmati proses perkuliahan dengan nyaman dan tanpa rasa bosan sampai lulus,” harapnya.

Dari waktu ke waktu membangun, Prof. Rachmad mengklaim bahwa kampus UNIBA Madura saat ini menjadi kampus paling mewah di Kabupaten Sumenep.

“Saya kira tidak ada kampus di Sumenep yang semewah dan semegah kampus UNIBA Madura,” pungkasnya.(man/ky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *