Aplikasi PEKAPERCA Bisa Jadi Solusi Cerdas Atasi Permasalahan Limbah Kain Perca

Media Jatim
Aplikasi Pekaperca
(Dok. Media Jatim) Aplikasi PEKAPERCA.

Aplikasi “PEKAPERCA” merupakan sebuah terobosan all in one apps yang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan, efisiensi, dan konektivitas di lingkungan kampus UPN Veteran Jawa Timur.

Ide cemerlang ini berasal dari dua mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur yakni Dwi Yulianti dan Laili Magfiroh Novia Putri M H. Kedua mahasiswa ini sedang menempuh studi Program Studi (Prodi) Sistem Informasi.

Mereka mendapatkan inspirasi inovasi ini setelah mengikuti mata kuliah pengetahuan bisnis yang dibimbing oleh dosen bernama Seftin Fitri Ana Wati S.Kom., M.Kom.

Adapun aplikasi PEKAPERCA ini diorientasikan untuk meminimalkan dampak buruk limbah kain perca–yang sering dibuang cuma-cuma–terhadap lingkungan, kesehatan, dan ekonomi.

Baca Juga:  KPK Datangi Rektor IAIN Madura Soal Sistem Demokrasi Kampus yang Tertutup

Aplikasi ini tidak hanya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengurangan limbah kain perca, tetapi juga menyediakan platform untuk mengolah limbah tersebut menjadi barang-barang bernilai ekonomis tinggi.

Banner Iklan Media Jatim

Dengan fitur edukatif, pengguna dapat belajar cara mengelola limbah kain perca di rumah tangga maupun industri.

Aplikasi PEKAPERCA juga menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan jasa pengolahan, menjual hasil olahan kain perca, serta membeli produk kerajinan dari limbah kain perca seperti tas, pakaian, gorden, dan lainnya.

Tujuan utama dari aplikasi PEKAPERCA adalah untuk mengurangi jumlah limbah kain perca yang dibuang sembarangan, meningkatkan nilai ekonomis limbah kain perca, menciptakan lapangan kerja untuk ibu rumah tangga yang mempunyai waktu luang, serta meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat.

Baca Juga:  HUT RI Ke-75, 160 Narapidana Kelas II B Bondowoso Dapat Remisi

Aplikasi ini juga tidak hanya mengatasi masalah lingkungan, tetapi juga memberikan potensi ekonomi bagi masyarakat.

Melalui inovasi ini diharapkan adanya sinergisitas antara pengelolaan limbah, penguatan ekonomi lokal, dan kesadaran lingkungan yang lebih tinggi.(*)

_____

*Ditulis oleh dua mahasiswa UPN Veteran; Dwi Yulianti & Laili Magfiroh Novia Putri M H.