Buka KSM, Ini Pesan Kepala Kemenag Pacitan

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pacitan – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pacitan, menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Kompetisi tersebut seperti diketahui secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, termasuk di Pacitan.

Kepala Kantor Kemenag Pacitan Dr. H. Moh. Nurul Huda, M. Pd mengatakan, pelaksanaan KSM itu terbagi dalam tiga jenjang, yakni madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA). Adapun tujuannya, tidak lain guna memilih siswa-siswi berprestasi untuk ikut dalam kompetisi di tingkat provinsi maupun nasional.

“KSM ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, waktunya pun juga sama pukul 08.00 WIB dan semuanya memakai komputer secara online,” ujarnya, seusai membuka kegiatan KSM, di MTSN 2 Pacitan, Sabtu (20/07/2019).

Baca Juga:  Inilah Pemenang Musabaqoh Kitab Kuning 2018 Garda Bangsa Pamekasan

Lebih lanjut, Nurul Huda menegaskan, dari beberapa bidang studi yang dilombakan pada KSM, seperti Matematika, IPA, IPS, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi, baik mulai tingkat MI hingga MA, semua terintegrasi dengan Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Semua soal membawa pesan integrasi antara nasionalis dan religius. Perpaduan antara sains yang terintegrasi dengan PAI ini merupakan ciri khas dari madrasah yang berada di bawah naungan Kemenag,” katanya.

Menurutnya, perpaduan antara sains dan PAI tersebut harus terus dibangkitkan. “Kita semua berkeinginan, bagaimana antara nasionalis dan religius yang terjadi di Pacitan itu semakin bangkit. Sehingga, penyadaran terhadap kewajiban akan lebih banyak ditingkatkan,” ucapnya.

Baca Juga:  Instika Gelar Wisuda XIX Program Magister Dan Sarjana

Meski demikian Nurul Huda berharap, bahwa KSM tahun 2019 ini dapat menghasilkan siswa yang berkualitas, sehingga dapat membawa nama harum kabupaten maupun Kemenag Pacitan, baik prestasi di tingkat provinsi maupun nasional.

“Dengan kegiatan KSM ini, bukti bahwa madrasah mampu berkompetensi, mampu bersaing, bahkan sudah banyak contoh siswa-siswi madrasah yang berprestasi hingga manca negara. Untuk itu, kepada siswa-siswi madrasah diharapkan agar terus selalu meningkatkan kemampuannya,” pungkasnya.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul

  • Bagikan
WhatsApp chat